Greeting

Rabu, 16 Februari 2011

Muhamad Yahya Harlan | Salingsapa.com | Anak SMP Bikin Situs Jejaring Sosial Ala Facebook


Muhamad Yahya Harlan | Salingsapa.com | Anak SMP Bikin Situs Jejaring Sosial Ala Facebook. Siapa yang tak kenal Facebook? Situs jejaring sosial buatan Mark Elliot Zuckerberg itu telah mendunia. Dan sekarang, di Indonesia juga sudah ada yang menciptakan situs sejenis. Hebatnya, yang penciptanya hanya seorang bocah berusia belasan tahun.

Muhamad Yahya Harlan (13) adalah nama bocah pencipta situs ala Facebook tersebut. Siswa kelas 7A (1 SMP) Sekolah Alam Bandung, Jawa Barat, itu menamai situs ciptaannya dengan Salingsapa.com.

Awalnya, kata Yahya, ia tergerak ingin membuat jejaring sosial yang hampir sama dengan Facebook (FB) yang berbahasa Indonesia. Kemudian, hanya dalam kurun waktu satu bulan, terciptalah Salingsapa.com. Dalam waktu yang cukup singkat tersebut, Yahya membuat situs jejaring sosialnya penuh fitur yang agak jauh berbeda dengan FB.

“Awalnya saya lihat di news, ada orang Indonesia yang membuat semacam FB dengan bahasa Indonesia. Saya pikir, saya juga bisa buat yang sama dan lebih bagus lagi,” kata Yahya, ditemui di sekolahnya di kawasan Dago Atas, Kamis (10/2/2011) kemarin.

Muhamad Yahya Harlan | Salingsapa.com | Anak SMP Bikin Situs Jejaring Sosial Ala Facebook

Anak sulung dari pasangan Yan Harlan (45) dan Fidriana (37) ini pun mulai mengotak-atik komputernya untuk merancang fitur-fitur di jejaring sosial yang akan dibuatnya itu. Dibantu sang ayah yang juga hobi main komputer, Yahya meminta ide-ide fitur yang akan dibuatnya.

Hasilnya, karya siswa yang menyukai mata pelajaran IPA ini ternyata mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Jumat (11/2/2011) sore ini, ia bahkan didapuk menjadi satu dari tiga siswa SMP yang akan menyampaikan presentasinya di hadapan dosen dan mahasiswa ITB.

Menurut sang ibu, Fidriana, putranya itu diminta memaparkan hasil karyanya selama 20 menit dan 10 menit untuk sesi tanya jawab. Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Yahya meski ini pertama kalinya ia harus tampil di depan umum, terlebih lagi di hadapan dosen dan mahasiswa.

Namun, Fidriana percaya, anaknya itu mampu membuktikan diri. Karena jejaring sosial tersebut memang murni hasil karya Yahya meski ada bantuan ide dari sang ayah.

Muhamad Yahya Harlan | Salingsapa.com | Anak SMP Bikin Situs Jejaring Sosial Ala Facebook

Ia juga menuturkan, minat Yahya pada komputer sudah terlihat sejak usia 3 tahun. Saat itu, ia mengotak-atik komputer milik sang ayah. Karena minatnya yang besar, Yahya pun ikut beberapa les komputer, termasuk les di Komlab ITB yang pesertanya kebanyakan mahasiswa.

“Dia selalu ingin mempelajari yang baru tentang komputer, makanya saat ikut les, ia ikut beberapa paket pelatihan yang pesertanya mahasiswa semua,” kata Fidriana, saat ditemui di kediamannya di Awi Ligar, Cimenyan, Bandung.

Begitu tahu anak sulungnya menciptakan jejaring sosial, ia dan suaminya hanya mendukung dan mengarahkan bahwa karyanya tersebut akan lebih bagus bila bermanfaat bagi banyak orang.

“Karena itu, Salingsapa.com ini diniatkan untuk dakwah dan kebaikan. Harapan kami, jejaring sosial ciptaan Yahya ini juga sebagai ladang amal,” kata Fidriana, yang tetap memantau Yahya agar tetap bisa mengatur waktu antara belajar dan mengurus jejaring sosialnya tersebut.

...........

Salingsapa.com | Fitur Ciptaan Yahya | SalingSapa.com Banjir Pujian | Anak SMP Kalahkan Mahasiswa

Salingsapa.com | Fitur Ciptaan Yahya | SalingSapa.com Banjir Pujian | Anak SMP Kalahkan Mahasiswa

Muhamad Yahya Harlan | Salingsapa.com
Meski Dicela, SalingSapa.com Tetap Banjir Pujian

Nama Muhammad Yahya Harlan tiba-tiba mencuat setelah bocah SMP di Bandung ini meluncurkan situs jejaring sosial ala Facebook. Situs SalingSapa.com juga dicela setelah diketahui bukan murni ciptaan Yahya, namun tidak sedikit yang tetap memuji kehebatannya.

Komentar Tribuners (pembaca Tribunnews.com) bernada pujian akan kepiawaian Yahya pun mengalir. Kabar yang mengatakan kalau Yahya hanyalah membeli situs ini seolah tak mengurangi rasa bangga akan karya anak bangsa yang satu ini.

“aduh…dek yahya…..semoga jalan dan usahanya di kasi barokah yg melimpah dr ALLAH….amin…sukses dech pokoknya..maju terus karna niat yg baik dan mulia itu ttp ada pahalanya… KARIR SUKSES… PAHALA OKE… BAROKAH SELURUHNYA… mmuuuaaahhhhcc,” komentar seorang pembaca.

Kekaguman ini semakin bertambah saat Yahya mengakui kalau situs ala facebook ini tidak murni diciptakannya. Yahya memang hanya membeli situs http://www.jcow.net/.

#7 | Kakak(mobile) | Sabtu, 12 Februari 2011 20:10 WIB
anak jecil tuh juujur,pantas dicontoh yg tua2, dy ngaku beli dan mengembangkan…. Selamat yahya buktikan kamu bisa lebih dari kakak2mu…..buat kakak2 duuuh gimana nich masa kalah ma adekmu…..kayaooooo

#8 | Dayad_Bolly | Sabtu, 12 Februari 2011 19:34 WIB
walaupun ia membeli.. tetapi disitu ada penekanan bahwa ia yg telah mengembangkan.. dari kata ‘mengembangkan’.. pastilah anda paham untuk semua ini.. trus berkarya yahya.. lakukan yg terbaik.. tunjukan pada dunia bahwa generasi muda indonesia adalah generasi muda yg sehat..

Bagaimana pendapat Yahya akan pujian-pujian ini? Yahya dengan rendah diri justru mengatakan kehebatan itu bukan darinya.

Ini ditulisnya di dinding SalingSapa.com, Sabtu (12/2/2011).

Om Ary Ginanjar bilang bahwa IQ bukan segalanya, Kecerdasan Spiritual jauh lebih penting. Orang2 sepertinya berlebihan memujiku, bilang aku pinter banget, jenius, dll. sebenarnya yg hebat itu adalah yg menginspirasi dan memotivasiku, serta yg ngajarinku, merekalah orang hebat yg sebenarnya, yg membantu aku untuk berprestasi, … ALHAMDULILLAAH, segala puji hanya untuk Allah …

sumber : http://www.tribunnews.com/2011/02/13/meski-dicela-salingsapa.com-tetap-banjir-pujian

Salingsapa.com | Fitur Ciptaan Yahya | SalingSapa.com Banjir Pujian | Anak SMP Kalahkan Mahasiswa

Muhamad Yahya Harlan | Salingsapa.com
Dosen ITB: Karya Yahya Kalahkan Mahasiswa

Dr Budi Raharjo, ahli keamanan informasi dan dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) mengaku bangga dan salut dengan karya Muhammad Yahya Harlan yang menciptakan situs ala Facebook. Karya ini jauh bisa mengalahkan mahasiswa.

Situs SalingSapa.com ini menurut Budi, untuk anak seusia mereka, sangat luar biasa. Meski diakuinya memang tidak ada yang baru, namun ini secercah harapan buat bangsa Indonesia.

Menurut Budi, para mahasiswa itu ilmunya ada tapi ngopreknya (mencipta inovasi/karya) ngga ada”.Mahasiswa masuk perguruan tinggi hanya ingin kuliah saja dan bukan untuk memperdalam ilmu.

“Mereka tukang ‘ngoprek’ yang positif. Karena saat ini meski banyak mahasiswa yang masuk perguruan tinggi dan ilmunya banyak, tapi mereka kurang inovatif,” ucap Budi.

Karya Yahya ini ucap Budi luar biasa dan perlu dukungan dan bukan jadi beban bagi mereka. Termasuk kabar kalau SalingSapa.com bukan buatan asli Yahya. “Yang penting Terpenting lagi keinginan untuk berkarya,” imbuh Budi.


sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/11/1105163/Wow.Anak.SMP.Bikin.Situs.Ala.Facebook

sumber : http://www.tribunnews.com/2011/02/12/dosen-itb-karya-yahya-kalahkan-mahasiswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Perum Wijaya Permai 2