Greeting

Minggu, 30 Januari 2011

Mengenang Sang Jawara Jazz Elfa Secioria

Oleh: M. Firdaus Agung


Elfa Secioria Hasbullah lahir di Garut, Jawa Barat pada 20 Februari 1959 sampai akhirnya meninggal dunia pada 8 Januari 2011. Elfa meninggal dunia di RS Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta pada pukul 17.00 WIB. Elfa dikenal sebagai seorang komposer dan pencipta lagu Indonesia. Dalam perjalanan karyanya Elfa telah mendirikan Elfa’s Singer dan juga Elfa’s Music Studio.


Elfa Secioria adalah seorang seniman musik yang lengkap. Selain menciptakan lagu, Elfa juga telah mengorbitkan banyak musisi papan atas Indonesia. Kepiawaiannya dalam bermusik juga ia tampilkan dengan kerap menjuarai ajang turnamen musik internasional di berbagai negara dengan mengharumkan nama Indonesia. Elfa juga merupakan guru musik yang handal, banyak musisi Indonesia yang telah lahir dari tangan dinginnya. Keseriusannya dalam memberikan pengajaran musik terbukti dengan mendirikan Elfa’s Music Studio.



Elfa Secioria merupakan contoh dari pemusik yang konsisten. Karya musiknya sangat berkarakter dan tidak terpengaruh oleh industri musik yang laku di pasaran. Elfa murni berkarya dengan menampilkan yang terbaik tanpa bermusik hanya untuk menjadikan lagunya bisa laku di masyarakat semata.
Karyanya malah menjadi unik dengan karakter yang khas karena berbeda dengan musisi lainnya. Keunikan musik yang diciptakan oleh Elfa terpadu dengan konsistensinya menjadikan Elfa sebagai seorang musisi yang dapat dikatakan sebagai musisi yang benar-benar bermusik di tengah musisi lain yang telah melukai semangat musik itu sendiri.


Di kalangan rekan-rekannya Elfa dikenal sebagai orang yang sangat baik. Segala kelebihan Elfa telah membuatnya menjadi lebih sekedar musisi bahkan banyak yang setuju bila Elfa disejajarkan sebagai pahlawan bangsa karena melalui kemampuan bermusiknya ia telah sering mengharumkan nama bangsa dan melahirkan musisi berbakat lainnya.

Elfa’s Singer merupakan grup vokal buatannya, grup musik ini terbentuk sejak 8 Agustus 1978 silam. Perjalanan sepanjang tiga dasawarsa membuat personil di dalamnya selalu berganti-ganti. Hebatnya, semua personil yang pernah dan masih tergabung di dalamnya adalah musisi berkualitas dengan tenik vokalnya yang tidak diragukan lagi.





Nama-nama yang pernah menghiasi vokal di Elfa’s Singer, antara lain Agus Wisman, Arifin Y, Nana Suryana F, Kusnadi Majid, Renny Djayoesman, Ine Suherman, Rita Mustamsikin, Poppy Sabar, Ferina, Ruth Sahanaya, Irianti Erningpraja, Toni Sianipar, Lita Zein, Yana Yulio, Titi Dwi Jayati, dan Uci Nurul. Sejak tahun 1996-lah Elfa’s Singer mampu bertahan dengan empat personil, yaitu Agus Wisman, Lita Zein, Uci Nurul, dan Yana Yulio.





Elfa's Singer telah mengeluarkan album “Lebaran”, “Kasmaran” (1988), “From Indonesia with Love” (1989), “Aku Jatuh Cinta” (1992), dan “Selamat Malam Kekasih” (1996). 12 tahun kemudian, album lagu kembali dibuat, “Sing The Best”: 30 Tahun Karier (2008).





Elfa Secioria juga telah mendirikan sebuah sekolah musik dan termasuk juga studio label rekaman. Elfa's Music Studio (EMS) didirikan pada tanggal 20 Februari 1981 di Jln. Aceh No. 101 Bandung. EMS ini pada akhirnya memiliki cabang yang tersebar hampir di beberapa kota di Indonesia.

Elfa’s Music Studio inilah yang melahirkan banyak bakat baru musisi Indonesia. Saat ini banyak pemusik ternama jebolan dari EMS sebut saja seperti Andien dan Sherina. Selain itu EMS juga melahirkan banyak penyanyi terbaik yang akhirnya mengikuti kejuaraan musik internasional di berbagai negara dan selalu saja meraih gelar juara setiap tahunnya.



Anak-anak EMS ini yang dibawa oleh Elfa Secioria untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan menjuarai kejuaraan musik internasional di berbagai negara. Prestasi yang mengagumkan tersebut telah membuat Elfa Secioria sebagai seorang yang cukup terkenal dan dipandang sebagai musisi hebat di mancanegara, sekalipun di Indonesia Elfa hanya dikenal oleh beberapa kalangan tertentu saja.




Spesialisasinya dalam musik jazz dan pop tidak membuatnya hanya berkutat pada satu jenis musik saja. Elfa dengan piawai mengolah pop dan jazz menjadi lebih enak untuk dinikmati dan tidak membosankan. Elfa sangat pandai dalam membuat aransemen musik menjadi sangat variatif dan menghasilkan karya musik baru dengan warna yang tak terduga sebelumnya.



Elfa Secioria patut diteladani dalam sikapnya mengapresiasi kebudayaan Indonesia. Hampir dalam setiap pentasnya di kancah internasional, Elfa selalu membawa budaya Indonesia. Baik dalam lagu yang dibawakan dan juga dalam kostum yang digunakan saat pentas. Elfa menunjukkan bahwa sebagai musisi yang handal ia bisa membawa musik yang baik tanpa harus meninggalkan identitas kebudayaannya. Elfa juga telah mengaransemen banyak lagu daerah sehingga menjadi lebih memikat untuk dinikmati. Selain juga sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.



Elfa yang merupakan saudara sepupu dari Yovie Widianto pendiri Kahitna ini juga tanpa disadari membentuk karakter musik Indonesia. Karena banyak karya musik Elfa yang dibawakan oleh musisi lain sehingga karya dari Elfa sebenarnya telah menjadi bagian penting dalam musik Indonesia.


Elfa sungguh merupakan seniman yang lengkap. Kepergiannya telah membuat sebuah pertanyaan besar. Akankah ada musisi baru penerus Elfa yang sanggup dengan konsisten membawakan karya musik yang berkarakter. Elfa juga merupakan guru bagi para musisi lainnya. Lebih dari itu semua akankah ada pengganti Elfa yang sanggup untuk membawa Indonesia menjuarai berbagai lomba musik internasional lagi seperti yang selama ini selalu Elfa Secioria persembahkan untuk bangsa Indonesia.

Kepergian Elfa Secioria merupakan kehilangan besar bagi bangsa Indonesia. Prestasi Elfa dalam bermusik menjadi sebuah kebanggaan yang tak berakhir sekalipun Elfa telah tiada. Kepergiannya telah membawa kesedihan bagi para orang yang mengenalnya. Elfa Secioria seorang pemusik jenius yang pernah dimiliki oleh Indonesia.



ELFA SECIORIA - Milestones

2010

World Choir Game, Shaoxing , China : Sparkling Indomaret, has appears as World Choir Game Champions of GOLD MEDaL for :

* Category 18 : Pop -- Open Category with point 88,38, Notice : WCGC


2009

Asean Choir Game, Korea

2008

World Choir Games 2008 GRAZ, Austria; Elfa's Singers, has appears as World Choir Games Champion of GOLD MEDAL for:

* Category 22: Jazz -- Open Category with point 92.87, Notice: WCGC, and
* GOLD MEDAL for Category 26: Popular Choral Music -- Open Category with point 94.13, Notice: WCGC

Elfa's Singers, Conductor: Elfa Secioria, Country: Indonesia (RI)

* Result from MUSICA-MUNDI
* WORLD CHOIR GAMES 2008, Pre-Competition - Jakarta, Indonesia
* WORLD CHOIR GAMES 2008, Competition - Grazz, Austria


2005

* "Jazz for Aceh" with Etta's Jazz & Pop Singers, Bubi Chen at Taman Ismail Marzuki
* Music Director Arranger "Pre Jakarta International Java Jazz Festival" at Jamz
* Music Director Arranger "Jakarta Intemasional Java Jazz Festival" JHCC, 6 March 2005. (Elfa's Singer, Elfa's Bossas, Etta's Jazz & Pop Singers and Elfa's Children Choir
* Music Director, Arranger "Celebration EMS Bandung"
* Music Director, Arranger "Anniversary Elfa Music Studio"
* Music Director, Arranger "Standard Chartered Event" Plaza Senayan, Jkt March 2005
* Music Director, Arranger TV Program "Grand Launching Indovision with RCTI"
* Music Director, Arranger "Anniversary 3 year PT. Orix Finance - Japan" at Hotel Mulia
* Music Director Composer, Arranger "EJP Tour Concert" 5 cities tour, South Korea, Mei 2005


2004

* Music Director, Composer, arranger "EJP Korean Tour Concert', 02 - 12 April (5 cities) Slandered Character Bank, Event, Plaza Senayan.
* 3rd Choir Olympic, Bremen - Germany 006 - 20 Juli 2004
o Grand Champion Elfa's Jazz & Pop Singer Jazz Categories
o Grand Champion Elfa's Jazz & Pop Singer Pop Categories
o Gold Medal Elfa's Big Band Voices Categories Pop
o Gold Medal Elfa's Ethnic Choir Categories Ethnic).
* Citi Bank Awardness For Soekamo Foundation event, Mulia Hotel.
* Indosiar "Merah Putih Indonesiaku" Concert 16 Agustus 2004 with AFI-1, AFI-2 & AR Junior.
* Trans TV "2 Negara, Indonesia & Malaysia", Istana Bogor.
* Internationale Competition Choir "ISOLA DEL SOLE" Grado Italy.
* Golden Prize & Champion Categories MIXED YOUTH CHOIR (G3). Special Prize Out Standing Artistic Choir.
* Perform at "Anniversary Trans TV", TV Program.


2003

* Music Director, Composer, Arranger "Elfa's Jazz & Pop Singer (EJP) Tour 5 cities", Korea.
* Music Director, Arranger "hidependence Day Coneelv! Istana, Elfa's Ethnic Choir".
* Music Director, Arranger "Concert Tunggal EJP", Earnst & Young.
* Music Director, Composer, Arranger "Recording Brumai Artists, Malaysia".
* Contract for opening new EMS branch outside Java (Tanjung Karang, Makasar).
* Music Director, Arranger "Mozaic in harmony two nations concert'.
* Music Director, Arranger "EJP Jazz Goes To Campus".
* Music Director, Arranger "EMS Concert" Bandung.
* Music Director Arranger "EMS fiesta extravaganza concert".
* Music Director Arranger "EJP Ethnic Choir, Dept. Pariwisata".
* EMS arrangement Clinic


2002

* Music Director Composer Arranger "Sherina 2nd Album".
* Music Director Composer Arranger "Lucretia" Album - Singapore.
* Music Director "Singapore Music Festival".
* World Port Jazz Festival Rotterdam (Elfa's Singer, Elfa's Bossas, Elfa's Combo).
* Music Director, Arranger, Conductor "2nd Choir Olympic" Busan. Grand Champion Elfa's Jazz & Pop Singer Category Jazz Silver Medal Elfa's Ethnic Choir Category Ethnic Silver Medal Elfa's Children Choir Category Children


2001

* Music Director, Arranger, Composer TV Serial Movie - "Menjemput Impian".
* Music Director, Arranger, Composer " Polytron Award" in collaboration with Teeter Koma.
* Music Director, Arranger "Pre & Malam Final Abang None Jakarta".
* Music Director, Composer, Arranger "Concert Sehari with Sherina".
* Music Director, Arranger "Semarak Kemerdekaan Indonesia", Indosiar exchange program with TV3, Malaysia.
* Composer My Indonesia, Jingle Pariwisata (Sherina) with for world promo.
* Arranger & Composer, "Nomination & Final - Aspac film festival".
* Music Director, Arranger Composer "Panasonic Award".
* Music Director Arranger & Composer "Diva Asean exchange program".
* Music Director, Arranger "Malin Kundang Opera" Najib Basir


2000, 1. Music Director, Arranger "Sherina Musical Movie". 2. Participate at North Sea Jazz Festival. 3. Participate at Jazz Umbria Festival. 4. Participate at Jazz Viena Festival. 5. Music Director, Arranger "1st Choir Olympic 2000, Linz, Austria, Grand Champion Gold Medal and Silver Gold III. 6. Best Composer "Anugrah Music Indonesia (AMI)". 7. Award from Bank Bumiputra for music dedication at Choir Olympic. 8. Music Director, Arranger, Composer "Selangit Pesona Show" - GSP. 9. Music Director, Arranger Album "Detik tak bertepi" -- Andhien. 10. Music Director, Arranger Album "Biar"--Anty

1999, 1. Music Director, Arranger, "Sherina, Andhien, Artie, Mumie" Album. 2. Music Director, Arranger. "Intentional Choir Jazz, Rive del Garda", Milan, (Golden Award). 3. Special concert (Gala Diner), Bel Air Hotel, Beverly Hills, LA-USA. 4. Winner Best Children Songs "Andai Aku Besar Nanti" Elfa S, AMI Award

1998, Winner Ninuro Endoh Award at Asia Song Festival, Manila

1997, 1. Music Director Arranger "Betawi Music Concert". 2. Performed at JakJazz in colaboration with Phil Perry and Dave Koz. 3. The New Album, Elfa's Singers. 4. Arranger "Titik Puspa Concert". 5. Established EMS School at Jakarta

1996, 1. Music Director, Arranger "Betawi Music Concert". 2. Music Director, Arranger "Elfa's Singers Concert", Kuala Lumpur. 3. Music Director, Arranger & Conductor "BASF Award". 4. Participate at Thailand Jazz Festival", Bangkok, Elfa's Singers

1995, 1. Music Director, Composer & Arranger "Theme Song RCTI (Jan-Aug, for Celebriting 50 yrs Independence day of Indonesia). 2. Composer, Arranger "Batavia Fantasi, Betawi Music Concert Arranger & Player "Titik Puspa concert in Kuala Lumpur. 3. Participate at "North Sea Jazz Festival", Den Haag, Elfa's Singers- E Combo. 4. Participate at Jakarta Jazz Festival

1994, 1. Music Director, Arranger, Special TV Show Grand Keroncong Lebaran. 2. Arranger Elfa's Singers in concert Elfa's Big Band". 3. Participate at "Jakarta International Cultural Performance. 4. JakJazz, Elfa's Big Band Elfa's Singers. 5. Music Director, Arranger & Player "Album Jatuh Cinta", Elfa's Singers

1993, 1. Welcome Party non Alignment Movement Conference, Elfa's Big Band-Elfa's Singers. 2. President Soeharto's Wedding Aniversary, Elfa's Big Band. 3. Perform at Jakarta International Cultural Elfa's Big Band-Elfa's Singers. 4. Music Director Teladan Indonesia Concert for Independence Day, Performance at WTO Conference Bali. 5. Music Director Arranger & Conductor Titik Puspa Concert. 6. Participate at JakJazz Festival, Elfa's Big Band-Elfa's Singers

1992, 1. Music Director, Arranger Player "TV show keroncong Indonesia & glenn Miller Story, Elfa Secioria Orchestra", 2. PATH Conference, Elfa's Band.

1991, 1. Music Director, Coach "Kahitna Band", BEX, Golden GP Japan. 2. Participate in Jakarta Jazz Festival, Elfa's Big Band & Elfa's Singers. 3. Music Director, Arranger, Player, "Pesona Bintang" TV show, Elfa's Big Band

1990, 1. Participate in North Sea Jazz Festival. 2. Music Director, Coach & Composer "Khatulistiwa Band, BEX, Golden GP, Japan. 3. Music Director "Independence Day Concert" Merdeka Palace

1989, 1. Music Director & Arranger "Kau kasihku" - APSF, Manila, Best Perform Elfa's Singers. 2. Arranger & Coach "DCI, World Music Contest", Holland, Norwegia, Sweeden, Gold Medal. 3. Arranger Player "Topeng & Mask", BEX, Silver Grand Pnx (GP), Japan; Joined international stray search CBS TV, LA-USA

1988, 1. JakJazz Festival, Elfa's Big Band. 2. Composser, "Is the Love & Este Amor - Elfa S, Vine del Mar WSF, Chile Best Arranger "Masa Kecilku" BASF Award. 3. Composer, Arranger "Konser Betawi". 4. "Kusadari", Ella S, APSF, Singapore, Grand Prize Winner. 5. Music Director & Arranger "Indonesia with Love" album. 6. Music Director "Indonesia Marching Band (NM) Fest. Bangkok" Technical Commission United Kingdom MB Festival - London

1987, 1. Kusadari - Elfa S, IPSF, Winner. 2. Arranger & Coach "Indonesia Enam Explosion" (BEX), Japan. 3. Arranger & Conductor "Pests"- Elfa S, Asean Boardcasting Union Song Contest Elfa's Singers (ELSIS). 4. 2 Movies Scores "Dibalik Seragam sekolah" & "Kisah Anak-soak Adam" Music Director & Arranger ELSIS Pop Album.

1986, 1. Golden Kite Wodd Song Festival, Malaysia, 3rd Best Song & 2nd Best Singer (Harvey Malaiholo). 2. Composer. Arranger "Seandainya Selalu Satu & Ayun Langkahmu'- ES, IPSF, Winner. 3. Composer. Arranger, Conductor "if we could always be together", ES, VIPSF, Best Singer (Harvey Malaiholo)

1985, 1. Coached & Arranger "Drum Corps Indonesia (DCI), 1st Prize "World Music Contest"; Norway - Switzerland - Netherlands. 2. "Selamat Datang Cinta", Indonesia Pop Song Fast (IPSF), Grand Prix Winner. 3. Arranger "Gemilang Indonesia Gemilang", GSP. 4. Composer, Arranger, Music Director "APSF - Bangkok"

1984, 1. Best Arranger "Detik tak bertepi" - APSF, Manila. 2. Golden Kite World Song Festival, Winner & Best Performance (Harvey Malaiholo) "Kugapai hari esok", Elfa S. 3. Arranger & Conductor "Aku melangkah lagi" World Song Festival (S Gondowijoyo). 4. Musik Recording "Cinta Indonesia Show", GSP, Japan

1983, Composeroser (Composer), Arranger & Conductor "Randu-WSF"

1982, 1. Arranger & Conductor Lady - Anton Issudibyo:"Wodd Pop Song Festival " (WSF), Japan. 2. "Dirmu Satu", B Hutauruk: Asean Song Festival (APSF), Bangkok (The most outsanding song). 3. "Kalpaltaru" - The Best Performance.

1981, Arranger for Guruh Soekamo Putra (GSP), "Untukmu Inclonesiaku"

1979, Music Director "Chandra Kirana Show" TVRI, (14 episodes)

1978, 1. Telerama Orchestra TVRI, Pianist & Arranger (22 episodes). 2. Lead the National Pop Song Contest Until 1984. 3. Winner of Indonesia Lowrey Organ Contest

1974, Composition grade lecture - FA Warsono

1971, Joined SONATA 47 - Eddy Karamoy

1967, First Band; Trio Ivade - the junior Jazz Band

1965, Learned Piano from his father Hisbullah



Selamat Jalan Elfa Secioria.....





Semarang, 21 Januari 2011
Jumat 06:33
mfirdausagung.blogspot.com




Sumber referensi:
http://mfirdausagung.blogspot.com/
http://www.elfasecioria.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Elfa_Secioria
http://www.facebook.com/pages/Elfa-Secioria/25414396115

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Perum Wijaya Permai 2