Greeting

Senin, 31 Januari 2011

Revolusi Melati Tunisia dalam Perspektif Barat


Revolusi melati yang dilancarkan rakyat Tunisia berhasil melengserkan rejim diktator Zeine El Abidin Ben Ali yang telah berkuasa sekitar 23 tahun,meskipun dengan berbagai strategi coba dipertahankannya oleh berbagai kalangan yang sangat diuntungkan selama Ben Ali berkuasa di negeri produksen kurma terbesar di dunia tersebut.Kroni kroninya dan para elite politik yang sudah lama menikmati gratifikasi yang diberikan Ben Ali tentu saja enggan meninggalkan begitu saja berbagai fasilitas serta kemewahan tersebut.Perdana Menteri Tunisia,Mouhammed Ghannouchi yang sudah berkuasa sejak tahun 1999 bersama sama Zeine El Abedin Ben Ali menyarankan supaya Dewan Konstitusi Tunisia menunjuk Ketua Palemen Foued Mebezza sebagai presiden sementara Tunisia.Dan anjuran tokoh kepercayaan Ben Ali tersebut sesuai dengan konstitusi Tunisia pasal 56 dan 57 yang sesungguhnya muncul bukan atas aspirasi rakyat negeri yang terhimpit Aljazair dan Libya itu.Meskipun Mouhammed Ghannauchi segera menyerukan pembekuan kekuasaan Zeine El Abedin Ben Ali dengan mengadopsi kasus liburan definitif kepresidenan,namun kurang mendapat tanggapan posistif dari rakyat yang sudah lama menderita dibawah suatu rejim diktator Tunisia.

Sesuai konstitusi Tunisia ,pemilihan umum akan digelar enampuluh hari kedepan,serta kebebasan pers dan kebebasan berkumpul serta mengeluarkan pendapat didepan umum ,hak asasi manusia akan dijamin negara.Rakyat Tunisia masih belum yakin terhadap segala janji tersebut,dan mereka menolak keikutsertaan Partai pemerintah yang berkuasa sebelumnya dalam pemilihan umum yang akan diselenggarakan enam puluh hari kedepan.Suatu harga yang harus dibayar dengan sangat mahal oleh rakyat dalam proses pelengseran rejim diktator Tunisia itu,tidak mau kehilangan momentum yang memberikan peluang kembalinya rejim diktator pimpinan Ben Ali atau diktator baru di Tunisia.Karenanya mereka mengecam masyarakat internasional ,terutama negara negara Eroupa yang sampai kinipun belum ada satupun diantaranya yang mengakui keberhasilan rakyat Tunisia tersebut.Memang negara negara Eropa dan AS masih mengkhawatirkan terhadap kesuksesan revolusi melati di Tunisia,karena mereka belum mengetahui dengan jelas siapa dalang tokoh intelektual dibalik keberhasilan rakyat Tunisia dalam menjungkalkan Ben Ali.Bisa diprediksikan sekiranya revolusi melati rakyat Tunisia disponsori oleh orang orang yang menurut perspektif Barat tersebut merupakan kelompok kelompok muslim fundamentalis ,ataupun terdiri dari orang orang yang simpati kepada al Qaeda maka dukungan Barat terhadap rakyat Tunisia tidak kunjung datang.Bahkan sebaliknya,tidak mustahil negara negara Eropa atau AS justeru akan berupaya mengembalikan kembali Zeine El Abedin Ben Ali ketampuk kekuasaannya di Tunis,ataupu paling tidak tokoh karbitan Barat yang bisa meredam perjuangan rakyat Tunisia sebagaimana mereka lakukan terhadap Hamas(Palestina),FIS(Aljazair)dan Taliban di Afghnistan.Tudingan bahwa di kawasan Afrika utara juga sudah terdapat para pengikut al Qaedah pimpinan Osamah bin Laden,yang kononnya pernah melancarkan beberapa serangan terhadap kepentingan Barat di Aljazair,Maroko ,Nigeria .Beberapa minggu yang lalu terjadi penculikan terhadap warga Perancis di Nigeria,yang gagal diselamatkan oleh pasukan komando Perancis.Dalam konteks ini pula Nicolas Sharkazie menolak permintaan Zeine El Abedin Ben Ali untuk mendarat di wilayah Perancis,padahal secara historis Tunisia sudah banyak berbuat bagi kepentingan Perancis .

Sikap dingin dan kehati hatian para politisi negara negara Eropa dan Paman Sam dalam memandang masalah Tunisia tersebut bisa dimaklumi,karena sekarangpun berbagai komponen masyarakat di negara negara Arab sudah terpengaruh oleh keberhasilan raktyat Tunisia dalam menggulingkan rejim diktator Ben Ali,yang telah memicu aksi aksi rakyat di Yordania,Mesir,Aljazair,Yaman. Dan aksi aksi serupa juga akan terus bergulir melawan rejim rejim monarchi diktator Arab lainnya,seperti Maroko,Saudi Arabia .Bagi tetangga Tunisia seperti halnya Libya dan Aljazair sangat khawatir terhadap kemenangan rakyat Tunisia atas Ben Ali tersebut,karenanya kecuali Kolonel Muhammad Ghaddafi yang mengecam gerakan rakyat di negara tetangganya,sementara pemimpin negara negara Arab lainnya masih belum bersikap kemungkinan saja mereka masih menunggu bagaimana sikap negara negara Eropa dan AS.Karena para pemimpin negara negara Arab tersebut merupakan sekutu sangat penting dan strategis AS dan Eropa di kawasan itu.AS dan negara negara Eropa tidak akan mengakuinya sebelum mengetahui siapa tokoh intelektual dibalik penggulingan Zeine El Abedine Ben Ali di Tunisia tersebut,sebab pengakuannya akan berdampak sangat luas terhadap rejim rejim diktator Arab lainnya.Karenanya baik AS maupun negara negara Eropa sanagat hati hati dalam menyikapi pergolakan rakyat Tunisia .
Sumber: kompasiana.com

Virus Revolusi Tunisia Menyebar Ke Negara Arab


Tunis. Penduduk di beberapa Negara Arab merasa senasib sepenanggungan dengan rakyat Tunisia. Mereka sama-sama kecewa dengan pemerintahnya dan berniat menggalang revolusi massal.


Gerakan revolusi di Tunisia nampaknya sudah menjadi virus yang menyebar cepat ke sejumlah negara Arab. Beberapa negara bagian Arab dilaporkan mulai diguncang aksi unjuk rasa me­nentang pemerintahan sah ne­garanya masing-masing.

Misalnya di ibukota Yordania, Amman. Sejumlah massa kelom­pok oposisi berorasi sambil ber­pidato di depan para peserta aksi demo. Mereka berteriak lantang, merasakan penderitaan yang sama dengan warga Tunisia. Se­mentara di Yaman, kelompok-ke­lompok mahasiswa turun ke jalan di ibukota negara, Sanaa sambil menyerukan revolusi terhadap para pemimpin Arab yang penuh “tipu daya”.

Sedangkan di Aljazair, se­orang pria meninggal dunia se­telah nekat membakar diri se­ba­gai bentuk protes atas ke­naikan harga pangan dan lang­kanya pe­kerjaan. Perma­salahan dan aksi unjuk rasa seperti ini me­rupakan hal yang sama sebe­lum keru­suhan dan penggu­lingan peme­rintahan di Tunisia.

Masih di Aljazair, tiga warga di­la­porkan juga membakar diri dan diberitakan sedang men­ja­lani perawatan di rumah sakit.

Di Tunisia sendiri, Perdana Men­teri (PM) Mohamed Ghannouchi berjanji untuk segera meng­umumkan susunan koalisi peme­rin­tahan. Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada kepastian kapan kabinet baru itu di­umum­kan. Yang jelas, Ghannouchi ber­harap, dapat mempertahankan mo­mentum pergolakan politik guna menangkal protes yang ber­munculan dan mengu­rangi ke­kuatan pihak-pihak ber­senjata yang setia terhadap pre­siden yang digulingkan.

Pasukan khusus Tunisia terlibat baku tembak dengan pasukan pengaman presiden ter­guling di dekat Istana Kepre­sidenan pada hari Minggu (16/1), dua hari se­telah Zine al- Abidine Ben Ali di­gulingkan. Para loyalis Ben Ali juga masih gigih melakukan perlawanan terhadap ten­tara Istana Kepresidenan. Dua pria bersenjata yang berada di atap Istana dilaporkan tewas ter­tem­bak oleh sniper dari helikopter.

Barikade tank juga disiagakan di sekitar ibukota Tunis dan ten­tara melakukan pengamanan taktis terhadap gedung-gedung. Malam hari, rakyat Tunis mem­blokade jalan-jalan dengan meng­gunakan pohon-pohon dan tem­pat sampah untuk melindungi harta mereka dari para penjarah

“Kita keluar ke jalan dan me­ngenakan rompi putih agar kita dapat mengenali satu sama lain. Beberapa orang juga membawa tong­kat dan mengumpulkan ba­tu,” kata seorang warga Tunis.

Protes yang meminta Ben Ali untuk turun dari jabatan telah me­reda. Tapi para politisi, yang ke­banyakan dari mereka adalah pen­dukung Ben Ali ingin men­da­pat­kan momentum dari per­go­lakan politik itu.
Sumber: rakyatmerdeka.co.id

Informasi SNMPTN 2011 Panitia Lokal Bandung


Panitia Lokal Bandung Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPMTN Panlok Bandung) yang terdiri atas Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD), siap melaksanakan kegiatan SNMPTN 2011.



INFO UMUM SNMPTN 2011

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.



Berdasarkan hasil rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 4 November 2010, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2011 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2011 akan dilaksanakan melalui (1) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan (2) jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan.



SELEKSI CALON MAHASISWA 2011

* SNMPTN (minimal 60%)

o Jalur Undangan (minimal 10%)

o Jalur Tertulis & Keterampilan (minimal 20%)

* Seleksi Mandiri (minimal 40%)



SNMPTN JALUR UNDANGAN

Untuk dapat menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SLTA seluruh Indonesia perlu dilakukan seleksi secara nasional melalui suatu kepanitiaan SNMPTN jalur undangan yang bertujuan :

1. Mendapatkan mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SLTA.

2. Memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.

3. Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah untuk menjadi bagian pelaksana seleksi awal di tingkat sekolah.



SYARAT SISWA JALUR UNDANGAN

Ketentuan Umum

1. Jalur undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis/keterampilan.

2. Jalur undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.

3. Peserta Jalur Undangan adalah sekolah yang telah terdaftar pada sistem database SNMPTN Tahun 2010 dan diprioritaskan memiliki akrediatsi A atau B

4. Sekolah Peserta Jalur Undangan yang mengirimkan siswa pelamar terbaiknya untuk diseleksi menjadi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri yang diminati.

Persyaratan SiswaPelamar

1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK dari sekolah yang telah terdaftar pada sistem database SNMPTN Tahun 2010 dan diprioritaskan dari sekolah yang sekurang-kurangnya memiliki akreditasi B.

2. Siswa yang sedang duduk di kelas 12.

3. Siswa yang memiliki prestasi akademik serendah-rendahnya berperingkat 25% terbaik di kelasnya secara konsisten.

4. Siswa yang memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.



TATA CARA PENDAFTARAN UNDANGAN

1. Panitia SNMPTN Jalur Undangan menginformasikan kepada sekolah tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana SNMPTN Jalur Undangan.

2. Kepala Sekolah harus membaca dan memahami seluruh ketentuan dan prosedur SNMPTN Jalur Undangan yang termuat dalam laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id, terutama yang berkaitan dengan persyaratan dan daya tampung program studi di masing-masing PTN.

3. Kepala Sekolah secara proaktif mendaftarkan profil sekolahnya melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan untuk mendapatkan user name dan password serta jumlah siswa yang dapat diusulkan mengikuti SNMPTN Jalur Undangan.

4. Kepala Sekolah mengisi data prestasi akademik siswa dengan menggunakan user name dan password secara on-line melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id.

5. Kepala Sekolah memberikan Nomor Pendaftaran dan Password yang didapatkan dari sistem kepada siswa pelamar yang direkomendasikan.

6. Siswa Pelamar yang telah didaftarkan oleh Kepala Sekolah membayar uang pendaftaran ke Bank dengan menunjukkan Nomor Pendaftaran.

7. Siswa Pelamar dengan menggunakan Nomor Pendaftaran dan Password mengisi biodata, pilihan PTN dan program studi, mengunggah (upload) dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, dan mencetak Kartu Bukti Pendaftaran, melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id.



JADWAL SELEKSI JALUR UNDANGAN

Pendaftaran : 1 Februari – 12 Maret 2011

Pengumuman Hasil : 18 Mei 2011

Registrasi : 31 Mei dan/atau 1 Juni 2011



PROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILIHAN

1. Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati.

2. Siswa pelamar dapat memilih program studi yang diminati pada masing-masing PTN yang dipilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) dan tidak bergantung pada kesesuaian jurusan asal sekolah pelamar.

3. Urutan pilihan program studi merupakan prioritas pilihan.

4. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN Jalur Undangan tahun 2011 dapat dilihat pada laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id.

5. Ketentuan lebih lanjut mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilih siswa pelamar.



Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2011 sebesar Rp. 175.000,- (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah).



SNMPTN JALUR UJIAN TULIS DAN KETRAMPILAN

PERSYARATAN DAN KETENTUAN

Seleksi

1. Lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2009, 20010 dan 2011. Bagi lulusan tahun 2009 dan 2010, memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara dan bagi lulusan tahun 2011 telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas photo yang bersangkutan dan dicap.

2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.

3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Penerimaan

Lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus ujian tertulis/keterampilan SNMPTN 2011, sehat dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.



CARA PENDAFTARAN UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN

Cara pendaftaran SNMPTN jalur ujian tertulis/keterampilan dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dari manapun.



LINTAS WILAYAH

Peserta ujian dapat memilih Program Studi di setiap PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Tempat ujian tidak merupakan kriteria penerimaan, sehingga peserta ujian tidak perlu mengikuti ujian di tempat Program Studi atau Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi pilihannya. Peserta dapat memilih lokasi ujian yang dikehendaki.



JENIS UJIAN

· Ujian Tertulis

a. Tes Potensi Akademik (TPA)

b.Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP):

i. Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

ii. Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

iii. Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

· Ujian Keterampilan untuk program studi olah raga dan seni.



PENYELENGGARAAN UJIAN KETERAMPILAN UNTUK PROGRAM STUDI OLAH RAGA DAN SENI

Peserta ujian yang memilih program studi Keolahragaan dan/atau Kesenian diwajibkan mengikuti Ujian Keterampilan yang dilaksanakan dua hari setelah pelaksanaan ujian tertulis. Peserta Ujian Keterampilan dapat mengikuti ujian di perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan sesuai dengan pilihan peserta atau PTN terdekat dari tempat pendaftaran peserta yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan sesuai dengan pilihan peserta. Program studi penyelenggara secara lengkap dapat dilihat pada Daftar Program studi di laman (website) SNMPTN 2011.



JADWAL UJIAN

Ujian Tertulis



Selasa, 31 Mei 2011 : Tes Potensi Akademik

Tes Bidang Studi Dasar



Rabu, 1 Juni 2011 : Tes Bidang Studi IPA

Tes Bidang Studi IPS



Ujian Keterampilan

Ujian Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Juni 2011.



PEMBOBOTAN HASIL UJIAN

Program Studi yang tidak mengadakan Ujian Keterampilan, proporsi bobotnya adalah sebagai berikut:

Tes Potensi Akademik (TPA) : 30%

Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP) : 70%

Program studi yang mengadakan Ujian Keterampilan, proporsi bobotnya adalah sebagai berikut:

Program studi keolahragaan:

a) Ujian Tulis : 50%

b) Ujian Keterampilan : 50%

Program studi kesenian:

c) Ujian Tulis : 40%

d) Ujian Keterampilan : 60%



PENILAIAN HASIL UJIAN TERTULIS

Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:



Jawaban BENAR


:


+ 4

Jawaban SALAH


:


- 1

Tidak Menjawab


:


0

Setiap mata ujian akan dinilai berdasarkan peringkat dengan skala nol sampai seratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan dengan nilai mata ujian lainnya. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.



KELOMPOK UJIAN TERTULIS

Kelompok ujian SNMPTN terbagi menjadi 3 (tiga):

a. Kelompok Ujian IPA

b. Kelompok Ujian IPS

c. Kelompok Ujian IPC

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok Ujian IPA, IPS atau IPC tidak harus sesuai dengan jurusan SMA/MA/SMK/MAK yang bersangkutan.



KELOMPOK PROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILIHAN

1. Program Studi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi kelompok IPA dan IPS.

2. Setiap peserta kelompok ujian IPA/IPS dapat memilih maksimal dua program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti.

3. Setiap peserta kelompok ujian IPC dapat memilih maksimal tiga program studi dengan catatan minimal satu program studi kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS.

4. Urutan pilihan Program Studi merupakan prioritas pilihan.

5. Peserta ujian yang memilih hanya satu program studi boleh memilih program studi dari PTN di wilayah mana saja (lintas wilayah).

6. Peserta ujian yang memilih dua program studi atau lebih, salah satu program studi tersebut harus merupakan program studi dari PTN yang berada satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan yang lain dapat merupakan program studi dari PTN di luar wilayahnya (lintas wilayah).

7. Daftar program studi, daya tampung tahun 2011, dan jumlah peminat tahun 2010 akan dicantumkan dalam Buku Panduan Peserta yang dapat dilihat di laman (website) http://www.snmptn.ac.id.



BIAYA UJIAN TERTULIS DAN KETERAMPILAN

1. Rp150.000,00 (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPA atau Kelompok IPS.

2. Rp175.000,00 (Seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPC ( IPA + IPS).

3. Rp150.000,- (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta per ujian keterampilan bagi yang memilih program studi yang mempersyaratkan ujian keterampilan.

4. Biaya tersebut disetor ke Bank Mandiri. Biaya yang sudah disetor tersebut tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.



MEKANISME PENDAFTARAN UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN

Pendaftaran online dapat dilakukan dari manapun melalui website http://www.snmptn.ac.id dengan tata cara sebagai berikut:

1. Calon peserta membayar biaya ujian pada tanggal 2 - 24 Mei 2011 melalui Loket/ATM/Internet Banking Bank Mandiri.

2. Ketika melakukan pembayaran, calon peserta harus memasukkan nomor kartu identitas calon peserta (KTP/SIM/Paspor Indonesia/Kartu Keluarga) dan memilih kelompok ujian yang dikehendaki (IPA/IPS/IPC). Khusus bagi yang menggunakan paspor sebagai identitas diri, pembayaran hanya dapat dilakukan melalui Loket atau Internet Banking.

3. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (a) Nomor Identitas calon peserta, dan (b) PIN SNMPTN sepanjang 10 karakter.

PERHATIAN: Nomor Identitas dan PIN SNMPTN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.

4. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website dengan alamat http://www.snmptn.ac.id dan memilih menu Pendaftaran. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan :

· Bukti pembayaran.

· Kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran.

· Fotokopi ijazah/tanda lulus.

· File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.

5. Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan Nomor Identitas dan PIN SNMPTN yang tercantum dalam bukti pembayaran.

6. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan penerimaan di PTN yang dituju.

7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.

8. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2011. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian. Calon peserta telah resmi dinyatakan sebagai peserta ujian SNMPTN 2011.



Tutorial tatacara pendaftaran ujian tertulis/keterampilan dapat diunduh (download) di website dengan alamat http://www.snmptn.ac.id mulai tanggal 25 Januari 2011.



PENGUMUMAN HASIL UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN

Hasil ujian tertulis/keterampilan diumumkan di website dengan alamat http://www.snmptn.ac.id yang dapat diakses pada hari Kamis, 30 Juni 2011 mulai pukul 00.00 WIB.





Alamat Kontak:

Sekretariat SNMPTN

Gedung LABTEK V ITB, Jl. Ganesha No. 10

T./F. 022-2511999

T. 79555080




Social Media:

E-mail: snmptn_bdg@yahoo.com

YM: snmptn_bdg



Panitia SNMPTN Lokal Bandung,



Asep Gana Suganda

Sekretaris Eksekutif

Sumber: www.upi.edu

Minggu, 30 Januari 2011

Perjalanan Panjang Hosni Mubarak


Kairo: Presiden Mesir Hosni Mubarak memulai karier politiknya sebagai seorang teknokrat yang ambisius dan menjunjung tinggi efisiensi. Sosok itulah yang akhirnya membuat hati rakyat Mesir menaruh harapan besar pada Mubarak sehingga bisa memimpin lebih dari lima periode.

Pria kelahiran 1928 itu sempat menempuh pendidikan di akademi militer nasional sebelum bergabung dengan angkatan udara. Mubarak meraih gelar Bachelor's Degree untuk pengetahuan militer pada 1949. Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia bergabung dengan Akademi Angkatan Udara dan kembali meraih gelar Bachelor's Degree untuk pengetahuan aviation. Mubarak yang dikenal rajin juga mengajar di Akademi Angkatan Udara pada periode 1952-1959.

Di bawah Konstitusi Mesir 1971, Presiden Mubarak memiliki kuasa yang luas atas Mesir. Bahkan, dia dianggap banyak orang sebagai seorang diktator, meskipun moderat. Ia dikenal karena posisinya yang netral dalam Konflik Israel-Palestina dan sering terlibat dalam negosiasi antar kedua pihak. Karena itulah akhirnya, Mubarak dipromosikan untuk menjadi kepala angkatan udara dan kemudian wakil menteri pertahanan.

Di tahun 1979, ia menjabat Wakil Presiden Partai Demokratik Nasional (NDP) dan langsung menjabat Presiden Republik Arab Mesir pada 1981. Dia menggantikan Presiden Anwar Al Sadat yang terbunuh pada 6 Oktober 1981 oleh kelompok radikal.

Kekuasaan Mubarak selama hampir 30 tahun dilandasi dengan penindasan politik yang dibenarkan sebagai harga dari sebuah kestabilan negara. Oposisinya dalam memerangi ekstrimisme Islam telah membuatnya terkenal di dunia barat. Namun, sosok Mubarak yang menjadi panutan rakyatnya menghilang seiring bertambahnya usia.

Mubarak bukanlah lagi ayah dari setiap warga Mesir seperti yang dulu sering diserukan para warga. Umurnya yang semakin senja menjadikannya tidak seproduktif sedia kala. Untuk itulah warga yang kecewa dengan kinerjanya menuntut dirinya segera menyerahkan jabatan yang dipegangnya kepada orang yang lebih pantas.

Berbagai cara dilakukan para demonstran untuk menggulingkan Mubarak. Mereka membakar kendaraan pihak keamanan serta bangunan-bangunan milik pemerintah daerah. Aksi anarkis terjadi setelah warga Tunisia berhasil menggulingkan kekuasaan Presiden Zine El Abidine Ben Ali dengan berunjuk rasa.(theaustralian/ULF)
Sumber: http://Liputan6.com.

Mengenang Sang Jawara Jazz Elfa Secioria

Oleh: M. Firdaus Agung


Elfa Secioria Hasbullah lahir di Garut, Jawa Barat pada 20 Februari 1959 sampai akhirnya meninggal dunia pada 8 Januari 2011. Elfa meninggal dunia di RS Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta pada pukul 17.00 WIB. Elfa dikenal sebagai seorang komposer dan pencipta lagu Indonesia. Dalam perjalanan karyanya Elfa telah mendirikan Elfa’s Singer dan juga Elfa’s Music Studio.


Elfa Secioria adalah seorang seniman musik yang lengkap. Selain menciptakan lagu, Elfa juga telah mengorbitkan banyak musisi papan atas Indonesia. Kepiawaiannya dalam bermusik juga ia tampilkan dengan kerap menjuarai ajang turnamen musik internasional di berbagai negara dengan mengharumkan nama Indonesia. Elfa juga merupakan guru musik yang handal, banyak musisi Indonesia yang telah lahir dari tangan dinginnya. Keseriusannya dalam memberikan pengajaran musik terbukti dengan mendirikan Elfa’s Music Studio.



Elfa Secioria merupakan contoh dari pemusik yang konsisten. Karya musiknya sangat berkarakter dan tidak terpengaruh oleh industri musik yang laku di pasaran. Elfa murni berkarya dengan menampilkan yang terbaik tanpa bermusik hanya untuk menjadikan lagunya bisa laku di masyarakat semata.
Karyanya malah menjadi unik dengan karakter yang khas karena berbeda dengan musisi lainnya. Keunikan musik yang diciptakan oleh Elfa terpadu dengan konsistensinya menjadikan Elfa sebagai seorang musisi yang dapat dikatakan sebagai musisi yang benar-benar bermusik di tengah musisi lain yang telah melukai semangat musik itu sendiri.


Di kalangan rekan-rekannya Elfa dikenal sebagai orang yang sangat baik. Segala kelebihan Elfa telah membuatnya menjadi lebih sekedar musisi bahkan banyak yang setuju bila Elfa disejajarkan sebagai pahlawan bangsa karena melalui kemampuan bermusiknya ia telah sering mengharumkan nama bangsa dan melahirkan musisi berbakat lainnya.

Elfa’s Singer merupakan grup vokal buatannya, grup musik ini terbentuk sejak 8 Agustus 1978 silam. Perjalanan sepanjang tiga dasawarsa membuat personil di dalamnya selalu berganti-ganti. Hebatnya, semua personil yang pernah dan masih tergabung di dalamnya adalah musisi berkualitas dengan tenik vokalnya yang tidak diragukan lagi.





Nama-nama yang pernah menghiasi vokal di Elfa’s Singer, antara lain Agus Wisman, Arifin Y, Nana Suryana F, Kusnadi Majid, Renny Djayoesman, Ine Suherman, Rita Mustamsikin, Poppy Sabar, Ferina, Ruth Sahanaya, Irianti Erningpraja, Toni Sianipar, Lita Zein, Yana Yulio, Titi Dwi Jayati, dan Uci Nurul. Sejak tahun 1996-lah Elfa’s Singer mampu bertahan dengan empat personil, yaitu Agus Wisman, Lita Zein, Uci Nurul, dan Yana Yulio.





Elfa's Singer telah mengeluarkan album “Lebaran”, “Kasmaran” (1988), “From Indonesia with Love” (1989), “Aku Jatuh Cinta” (1992), dan “Selamat Malam Kekasih” (1996). 12 tahun kemudian, album lagu kembali dibuat, “Sing The Best”: 30 Tahun Karier (2008).





Elfa Secioria juga telah mendirikan sebuah sekolah musik dan termasuk juga studio label rekaman. Elfa's Music Studio (EMS) didirikan pada tanggal 20 Februari 1981 di Jln. Aceh No. 101 Bandung. EMS ini pada akhirnya memiliki cabang yang tersebar hampir di beberapa kota di Indonesia.

Elfa’s Music Studio inilah yang melahirkan banyak bakat baru musisi Indonesia. Saat ini banyak pemusik ternama jebolan dari EMS sebut saja seperti Andien dan Sherina. Selain itu EMS juga melahirkan banyak penyanyi terbaik yang akhirnya mengikuti kejuaraan musik internasional di berbagai negara dan selalu saja meraih gelar juara setiap tahunnya.



Anak-anak EMS ini yang dibawa oleh Elfa Secioria untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan menjuarai kejuaraan musik internasional di berbagai negara. Prestasi yang mengagumkan tersebut telah membuat Elfa Secioria sebagai seorang yang cukup terkenal dan dipandang sebagai musisi hebat di mancanegara, sekalipun di Indonesia Elfa hanya dikenal oleh beberapa kalangan tertentu saja.




Spesialisasinya dalam musik jazz dan pop tidak membuatnya hanya berkutat pada satu jenis musik saja. Elfa dengan piawai mengolah pop dan jazz menjadi lebih enak untuk dinikmati dan tidak membosankan. Elfa sangat pandai dalam membuat aransemen musik menjadi sangat variatif dan menghasilkan karya musik baru dengan warna yang tak terduga sebelumnya.



Elfa Secioria patut diteladani dalam sikapnya mengapresiasi kebudayaan Indonesia. Hampir dalam setiap pentasnya di kancah internasional, Elfa selalu membawa budaya Indonesia. Baik dalam lagu yang dibawakan dan juga dalam kostum yang digunakan saat pentas. Elfa menunjukkan bahwa sebagai musisi yang handal ia bisa membawa musik yang baik tanpa harus meninggalkan identitas kebudayaannya. Elfa juga telah mengaransemen banyak lagu daerah sehingga menjadi lebih memikat untuk dinikmati. Selain juga sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.



Elfa yang merupakan saudara sepupu dari Yovie Widianto pendiri Kahitna ini juga tanpa disadari membentuk karakter musik Indonesia. Karena banyak karya musik Elfa yang dibawakan oleh musisi lain sehingga karya dari Elfa sebenarnya telah menjadi bagian penting dalam musik Indonesia.


Elfa sungguh merupakan seniman yang lengkap. Kepergiannya telah membuat sebuah pertanyaan besar. Akankah ada musisi baru penerus Elfa yang sanggup dengan konsisten membawakan karya musik yang berkarakter. Elfa juga merupakan guru bagi para musisi lainnya. Lebih dari itu semua akankah ada pengganti Elfa yang sanggup untuk membawa Indonesia menjuarai berbagai lomba musik internasional lagi seperti yang selama ini selalu Elfa Secioria persembahkan untuk bangsa Indonesia.

Kepergian Elfa Secioria merupakan kehilangan besar bagi bangsa Indonesia. Prestasi Elfa dalam bermusik menjadi sebuah kebanggaan yang tak berakhir sekalipun Elfa telah tiada. Kepergiannya telah membawa kesedihan bagi para orang yang mengenalnya. Elfa Secioria seorang pemusik jenius yang pernah dimiliki oleh Indonesia.



ELFA SECIORIA - Milestones

2010

World Choir Game, Shaoxing , China : Sparkling Indomaret, has appears as World Choir Game Champions of GOLD MEDaL for :

* Category 18 : Pop -- Open Category with point 88,38, Notice : WCGC


2009

Asean Choir Game, Korea

2008

World Choir Games 2008 GRAZ, Austria; Elfa's Singers, has appears as World Choir Games Champion of GOLD MEDAL for:

* Category 22: Jazz -- Open Category with point 92.87, Notice: WCGC, and
* GOLD MEDAL for Category 26: Popular Choral Music -- Open Category with point 94.13, Notice: WCGC

Elfa's Singers, Conductor: Elfa Secioria, Country: Indonesia (RI)

* Result from MUSICA-MUNDI
* WORLD CHOIR GAMES 2008, Pre-Competition - Jakarta, Indonesia
* WORLD CHOIR GAMES 2008, Competition - Grazz, Austria


2005

* "Jazz for Aceh" with Etta's Jazz & Pop Singers, Bubi Chen at Taman Ismail Marzuki
* Music Director Arranger "Pre Jakarta International Java Jazz Festival" at Jamz
* Music Director Arranger "Jakarta Intemasional Java Jazz Festival" JHCC, 6 March 2005. (Elfa's Singer, Elfa's Bossas, Etta's Jazz & Pop Singers and Elfa's Children Choir
* Music Director, Arranger "Celebration EMS Bandung"
* Music Director, Arranger "Anniversary Elfa Music Studio"
* Music Director, Arranger "Standard Chartered Event" Plaza Senayan, Jkt March 2005
* Music Director, Arranger TV Program "Grand Launching Indovision with RCTI"
* Music Director, Arranger "Anniversary 3 year PT. Orix Finance - Japan" at Hotel Mulia
* Music Director Composer, Arranger "EJP Tour Concert" 5 cities tour, South Korea, Mei 2005


2004

* Music Director, Composer, arranger "EJP Korean Tour Concert', 02 - 12 April (5 cities) Slandered Character Bank, Event, Plaza Senayan.
* 3rd Choir Olympic, Bremen - Germany 006 - 20 Juli 2004
o Grand Champion Elfa's Jazz & Pop Singer Jazz Categories
o Grand Champion Elfa's Jazz & Pop Singer Pop Categories
o Gold Medal Elfa's Big Band Voices Categories Pop
o Gold Medal Elfa's Ethnic Choir Categories Ethnic).
* Citi Bank Awardness For Soekamo Foundation event, Mulia Hotel.
* Indosiar "Merah Putih Indonesiaku" Concert 16 Agustus 2004 with AFI-1, AFI-2 & AR Junior.
* Trans TV "2 Negara, Indonesia & Malaysia", Istana Bogor.
* Internationale Competition Choir "ISOLA DEL SOLE" Grado Italy.
* Golden Prize & Champion Categories MIXED YOUTH CHOIR (G3). Special Prize Out Standing Artistic Choir.
* Perform at "Anniversary Trans TV", TV Program.


2003

* Music Director, Composer, Arranger "Elfa's Jazz & Pop Singer (EJP) Tour 5 cities", Korea.
* Music Director, Arranger "hidependence Day Coneelv! Istana, Elfa's Ethnic Choir".
* Music Director, Arranger "Concert Tunggal EJP", Earnst & Young.
* Music Director, Composer, Arranger "Recording Brumai Artists, Malaysia".
* Contract for opening new EMS branch outside Java (Tanjung Karang, Makasar).
* Music Director, Arranger "Mozaic in harmony two nations concert'.
* Music Director, Arranger "EJP Jazz Goes To Campus".
* Music Director, Arranger "EMS Concert" Bandung.
* Music Director Arranger "EMS fiesta extravaganza concert".
* Music Director Arranger "EJP Ethnic Choir, Dept. Pariwisata".
* EMS arrangement Clinic


2002

* Music Director Composer Arranger "Sherina 2nd Album".
* Music Director Composer Arranger "Lucretia" Album - Singapore.
* Music Director "Singapore Music Festival".
* World Port Jazz Festival Rotterdam (Elfa's Singer, Elfa's Bossas, Elfa's Combo).
* Music Director, Arranger, Conductor "2nd Choir Olympic" Busan. Grand Champion Elfa's Jazz & Pop Singer Category Jazz Silver Medal Elfa's Ethnic Choir Category Ethnic Silver Medal Elfa's Children Choir Category Children


2001

* Music Director, Arranger, Composer TV Serial Movie - "Menjemput Impian".
* Music Director, Arranger, Composer " Polytron Award" in collaboration with Teeter Koma.
* Music Director, Arranger "Pre & Malam Final Abang None Jakarta".
* Music Director, Composer, Arranger "Concert Sehari with Sherina".
* Music Director, Arranger "Semarak Kemerdekaan Indonesia", Indosiar exchange program with TV3, Malaysia.
* Composer My Indonesia, Jingle Pariwisata (Sherina) with for world promo.
* Arranger & Composer, "Nomination & Final - Aspac film festival".
* Music Director, Arranger Composer "Panasonic Award".
* Music Director Arranger & Composer "Diva Asean exchange program".
* Music Director, Arranger "Malin Kundang Opera" Najib Basir


2000, 1. Music Director, Arranger "Sherina Musical Movie". 2. Participate at North Sea Jazz Festival. 3. Participate at Jazz Umbria Festival. 4. Participate at Jazz Viena Festival. 5. Music Director, Arranger "1st Choir Olympic 2000, Linz, Austria, Grand Champion Gold Medal and Silver Gold III. 6. Best Composer "Anugrah Music Indonesia (AMI)". 7. Award from Bank Bumiputra for music dedication at Choir Olympic. 8. Music Director, Arranger, Composer "Selangit Pesona Show" - GSP. 9. Music Director, Arranger Album "Detik tak bertepi" -- Andhien. 10. Music Director, Arranger Album "Biar"--Anty

1999, 1. Music Director, Arranger, "Sherina, Andhien, Artie, Mumie" Album. 2. Music Director, Arranger. "Intentional Choir Jazz, Rive del Garda", Milan, (Golden Award). 3. Special concert (Gala Diner), Bel Air Hotel, Beverly Hills, LA-USA. 4. Winner Best Children Songs "Andai Aku Besar Nanti" Elfa S, AMI Award

1998, Winner Ninuro Endoh Award at Asia Song Festival, Manila

1997, 1. Music Director Arranger "Betawi Music Concert". 2. Performed at JakJazz in colaboration with Phil Perry and Dave Koz. 3. The New Album, Elfa's Singers. 4. Arranger "Titik Puspa Concert". 5. Established EMS School at Jakarta

1996, 1. Music Director, Arranger "Betawi Music Concert". 2. Music Director, Arranger "Elfa's Singers Concert", Kuala Lumpur. 3. Music Director, Arranger & Conductor "BASF Award". 4. Participate at Thailand Jazz Festival", Bangkok, Elfa's Singers

1995, 1. Music Director, Composer & Arranger "Theme Song RCTI (Jan-Aug, for Celebriting 50 yrs Independence day of Indonesia). 2. Composer, Arranger "Batavia Fantasi, Betawi Music Concert Arranger & Player "Titik Puspa concert in Kuala Lumpur. 3. Participate at "North Sea Jazz Festival", Den Haag, Elfa's Singers- E Combo. 4. Participate at Jakarta Jazz Festival

1994, 1. Music Director, Arranger, Special TV Show Grand Keroncong Lebaran. 2. Arranger Elfa's Singers in concert Elfa's Big Band". 3. Participate at "Jakarta International Cultural Performance. 4. JakJazz, Elfa's Big Band Elfa's Singers. 5. Music Director, Arranger & Player "Album Jatuh Cinta", Elfa's Singers

1993, 1. Welcome Party non Alignment Movement Conference, Elfa's Big Band-Elfa's Singers. 2. President Soeharto's Wedding Aniversary, Elfa's Big Band. 3. Perform at Jakarta International Cultural Elfa's Big Band-Elfa's Singers. 4. Music Director Teladan Indonesia Concert for Independence Day, Performance at WTO Conference Bali. 5. Music Director Arranger & Conductor Titik Puspa Concert. 6. Participate at JakJazz Festival, Elfa's Big Band-Elfa's Singers

1992, 1. Music Director, Arranger Player "TV show keroncong Indonesia & glenn Miller Story, Elfa Secioria Orchestra", 2. PATH Conference, Elfa's Band.

1991, 1. Music Director, Coach "Kahitna Band", BEX, Golden GP Japan. 2. Participate in Jakarta Jazz Festival, Elfa's Big Band & Elfa's Singers. 3. Music Director, Arranger, Player, "Pesona Bintang" TV show, Elfa's Big Band

1990, 1. Participate in North Sea Jazz Festival. 2. Music Director, Coach & Composer "Khatulistiwa Band, BEX, Golden GP, Japan. 3. Music Director "Independence Day Concert" Merdeka Palace

1989, 1. Music Director & Arranger "Kau kasihku" - APSF, Manila, Best Perform Elfa's Singers. 2. Arranger & Coach "DCI, World Music Contest", Holland, Norwegia, Sweeden, Gold Medal. 3. Arranger Player "Topeng & Mask", BEX, Silver Grand Pnx (GP), Japan; Joined international stray search CBS TV, LA-USA

1988, 1. JakJazz Festival, Elfa's Big Band. 2. Composser, "Is the Love & Este Amor - Elfa S, Vine del Mar WSF, Chile Best Arranger "Masa Kecilku" BASF Award. 3. Composer, Arranger "Konser Betawi". 4. "Kusadari", Ella S, APSF, Singapore, Grand Prize Winner. 5. Music Director & Arranger "Indonesia with Love" album. 6. Music Director "Indonesia Marching Band (NM) Fest. Bangkok" Technical Commission United Kingdom MB Festival - London

1987, 1. Kusadari - Elfa S, IPSF, Winner. 2. Arranger & Coach "Indonesia Enam Explosion" (BEX), Japan. 3. Arranger & Conductor "Pests"- Elfa S, Asean Boardcasting Union Song Contest Elfa's Singers (ELSIS). 4. 2 Movies Scores "Dibalik Seragam sekolah" & "Kisah Anak-soak Adam" Music Director & Arranger ELSIS Pop Album.

1986, 1. Golden Kite Wodd Song Festival, Malaysia, 3rd Best Song & 2nd Best Singer (Harvey Malaiholo). 2. Composer. Arranger "Seandainya Selalu Satu & Ayun Langkahmu'- ES, IPSF, Winner. 3. Composer. Arranger, Conductor "if we could always be together", ES, VIPSF, Best Singer (Harvey Malaiholo)

1985, 1. Coached & Arranger "Drum Corps Indonesia (DCI), 1st Prize "World Music Contest"; Norway - Switzerland - Netherlands. 2. "Selamat Datang Cinta", Indonesia Pop Song Fast (IPSF), Grand Prix Winner. 3. Arranger "Gemilang Indonesia Gemilang", GSP. 4. Composer, Arranger, Music Director "APSF - Bangkok"

1984, 1. Best Arranger "Detik tak bertepi" - APSF, Manila. 2. Golden Kite World Song Festival, Winner & Best Performance (Harvey Malaiholo) "Kugapai hari esok", Elfa S. 3. Arranger & Conductor "Aku melangkah lagi" World Song Festival (S Gondowijoyo). 4. Musik Recording "Cinta Indonesia Show", GSP, Japan

1983, Composeroser (Composer), Arranger & Conductor "Randu-WSF"

1982, 1. Arranger & Conductor Lady - Anton Issudibyo:"Wodd Pop Song Festival " (WSF), Japan. 2. "Dirmu Satu", B Hutauruk: Asean Song Festival (APSF), Bangkok (The most outsanding song). 3. "Kalpaltaru" - The Best Performance.

1981, Arranger for Guruh Soekamo Putra (GSP), "Untukmu Inclonesiaku"

1979, Music Director "Chandra Kirana Show" TVRI, (14 episodes)

1978, 1. Telerama Orchestra TVRI, Pianist & Arranger (22 episodes). 2. Lead the National Pop Song Contest Until 1984. 3. Winner of Indonesia Lowrey Organ Contest

1974, Composition grade lecture - FA Warsono

1971, Joined SONATA 47 - Eddy Karamoy

1967, First Band; Trio Ivade - the junior Jazz Band

1965, Learned Piano from his father Hisbullah



Selamat Jalan Elfa Secioria.....





Semarang, 21 Januari 2011
Jumat 06:33
mfirdausagung.blogspot.com




Sumber referensi:
http://mfirdausagung.blogspot.com/
http://www.elfasecioria.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Elfa_Secioria
http://www.facebook.com/pages/Elfa-Secioria/25414396115

Sabtu, 29 Januari 2011

Do’a Sehari-hari


Anak Ane, ngaji di madrosah dekat perumahan, oleh ustaznya disuruh ngehafalin do'a sehari-hari, terus Ane cari di Internet, alhamdulillah dapet bahkan banyak, Ane kutif deh sabagian doa'-do'anya untuk dihafalin dan tentunya untuk diamalkan, barangkali aja ikhwan or akhwat ada yang perlu juga.
Berikut adalah do’a sehari-hari dengan sumber hadits yang jelas, tuk sementara ini yang ada dalam bentuk tulisan latin dulu, mudah-mudahan nanti ada tulisan arabnya.
Kumpulan do’a dalam Al Qur’an dan Hadits:

1.Do’a Sebelum Makan

Bismillahirrahmaaniraahiimi. Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtana wa qinaa ‘adzaa-bannaari.

Artinya : Ya Allah berkahilah kami dalam rezki yang telah Engkau limpahkan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa neraka. Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (HR. Ibnu as-Sani)

2. Do’a Sesudah Makan

Alhamdulillahilladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa muslimiina

Artinya : Segala puji bagi Allah Yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami muslim. (HR. Abu Daud)

Alhamdulilaahilladzi ath’amanii hadzaa wa razaqaniihi min ghayri hawlin minnii wa laa quwwatin.

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini dan melipahkannya kepadaku tanpa daya dan kekuatanku. (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

3. Do’a Sebelum Tidur

Bismikallahhumma ahyaa wa bismika amuutu.

Artinya : Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Do’a Sesudah Bangun Tidur

Alhamdulillaahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilayhin nusyuuru

Artinya : Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami. Kepada-Nya-lah kami akan kembali (HR. Bukhari)

5.Do’a Terkejut Bangun Dari Tidur

A’uudzu bikalimaatillahit tammaati min ghadhabihi wa min syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisy syayaathiini wa an yahdhuruuni

Artinya : Aku berlindung dengan kalimah Allah yang sempurna dari kemarahan Allah dari kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari gangguan setan dan dari kehadiran mereka (HR. Abu Daud dan Tir-middzi)

6.Do’a Mimpi Baik

Alhamudlillaahirrabbil ‘alamiina

Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam (HR. Bukhari)

7.Do’a Mimpi Tidak Baik

Allaahumma innii a;uudzu bika min ‘amalisy syaythaani, wa sayyi’aatil ahlaami

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk (HR. Ibn as-Sani)

8.Do’a Sesudah Duduk Bangun Tidur

Laa ilaaha illaa anta subhaanaka allahuma zidnii ‘ilman wa laa tuzigh qalbii ba’da idz hadaitanii wa hablii min ladunka rahmatan innaka antal wahhaabu.

Artinya : Tidak ada Tuhan melainkan Engkau, maha suci Engkau ya Allah, aku minta ampun kepada-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu. Ya Allah, tambahlah ilmuku dan janganlah Engkau gelincirkan hatiku setelah Engkau memberi petunjuk kepadaku, dan karuniakanlah rahmat untuk-ku daripada-Mu, sesungguhnya Engkaulah yang maha Memberi. (HR. Abu Daud)

9.Do’a Menjelang Shubuh

Allaahumma innii a’uuzdu bika min dhiiqid dun-yaa wa dhiiqi yaumil qiyaamati.

Artinya : Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat. (HR. Abu Daud)

10. Do’a Menyambut Datangnya Pagi

Ashbagnaa wa ashbahal mulku lillaahi ‘Azza wa jalla, wal hamdu lillaahi, wal kibriyaa’u wal ‘azhamatu lillaahi, wal khalqu wal amru wallailu wannahaaru wa maa sakana fiihimaa lillaahi Ta’aalaa. Allahummaj’al awwala haadzan nahaari shalaahan wa ausathahu najaahan, wa aakhirahu falaahan, yaa arhamar raahimiina.

Artinya : Kami telah mendapatkan Shubuh dan jadilah segala kekuasaan kepunyaan Allah, demikian juga kebesaran dan keagungan, penciptaan makhluk, segala urusan, malam dan siang dan segala yang terjadi pada keduanya, semuanya kepunyaan Allah Ta’ala. Ya Allah, jadikanlah permulaan hari ini suatu kebaikan dan pertengahannya suatu kemenangan dan penghabisannya suatu kejayaan, wahai Tuhan yang paling Penyayang dari segala penyayang.

Allahumma innii as’aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutaqabbalan

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang berguna, rezki yang baik dan amal yang baik Diterima. (h.r. Ibnu Majah)

11. Do’a Menyambut Petang Hari

Amsainaa wa amsal mulku lillaahi walhamdulillahi, laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariika lahu. Allahumma innii as’aluka min khairi haadzihil lailati wa khhaiiri maa fiihaa, wa a’uudzu bika min syarrihaa wa syarrimaa fiihaa. Allaahumma innii a’udzuu bika minal kasali walharami wa suu’il kibari wa fitnatid dun-yaa wa ‘adzaabil qabri.

Artinya : Kami telah mendapatkan petang, dan jadilah kekuasaan dan segala puji kepunyaan Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan kebaikan yang terdapat padanya dan aku berlindung dengan-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang terdapat padanya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari malas, tua bangka, dan dari keburukan lanjut umur dan gangguan dunia dan azab kubur. (HR. Muslim)

Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta, ‘alaika tawakakaltu wa anta rabbul ‘arsyil ‘azhiimi, maa syaa’allahu kaana, wa maa lam yasya’ lam yakun. Laa haula wa laa quwwata illaa billahil ‘alliyyil ‘azhiimi. A’lamu annallaaha ‘alaa kuli syai’in qadiirun, wa annallahu qad ahaatha bukillin syai’in ‘ilman. Allahumma innii a’uudzu bika min syarri nafsii, wa min syarri kuli daabbatin anta aakhidzun bi naashiyatihaa. Inaa rabbii’alaa shiraathin mustaqiimin.

Artinya : Ya allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang lain kecuali Engkau, kepada-Mu aku bertawakkal, dan engkau adalah penguasa ‘Arasy Yang Maha Agung, apa yang dekehendaki Allah pasti terjadi, dan apa yang tidak dikehendaki-Nya, tidak akan terjadi, tidak ada daya dan uapaya melainkan dengan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Besar. Aku mengetahui bahwa Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu, dan bahwa pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu. Ya Allah, aku berlindung dengan-Mu dari kejahatan dariku, dan kejahatan setiap binatang yang melata yang Engkau dapat bertindak terhadapnya, sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus.

12. Do’a Masuk Rumah

Assalaamu ‘alaynaa wa ‘ alaa ‘ibaadillahish shaalihiina. Allaahumma innii as-aluka khayral mawliji wa khayral makhraji. Bismillahi walajnaa wa bismillaahi kharahnaa wa ‘alallahi tawakkalnaa, alhamdulilaahil ladzii awaanii.

Artinya : Semoga Allah mencurahkan keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang shalih. Ya Allah, bahwasanya aku memohon pada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluarku. Dengan menyebut nama-Mu aku masuk, dan dengan mneyebut nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami berserah diri. Segala puji bagi Allah yang telah melindungi kami. (HR. Abu Daud)

13. Do’a Keluar Rumah

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

14. Do’a Menuju Masjid

Allaahummaj’al fii qalbii nuuran wa fii lisaanii nuuran waj’al fii sam’ii nuuran waj’al fii basharii nuuran waj’al min khalfii wa min amaamii nuuran waj’al min fawqii nuuran wa min tahtii nuuran. Allahumma a’thinii nuuran.

Artinya : Ya Allah, jadikanlah dalam qalbuku nur, dalam lisanku nur, jadikanlah dalam pendengaranku nur dan dalam penglihatanku nur. Jadikanlah dari belakang-ku nur dan dari depanku nur. Jadikanlah dari atasku nur dan dari bawahku nur. Ya Allah, berilah aku nur tersebut. (HR.Muslim)

15. Do’a Masuk Masjid

A’uudzu billahil ‘aliyyil ‘azhiimi. Wa biwajhihil kariimi, wa bisulthaanihil qadiimi minasy syaythaanir rajiimi alhamdu lillahi rabbil ‘aalamiina. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa muhammadin wa ‘alaa aali muhammadin. Allaahumaghfirlii dzunuubii waftah lii abwaaba rahmatika.

Artinya : Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Besar. Dan demi wajah-Nya Yang Maha Mulia dan dengan kekuasaan-Nya Yang tak berpermulaan (berlindung aku) dari kejahatan syaitan yang terkutuk. Segala puji kepunyaan Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah, sanjung dan selamatkanlah Nabi Muhammad saw. Dan keluarganya. Ya Allah, ampunilah segala dosaku dan bukakanlah bagiku segala pintu rahmat-Mu. (h.r. Abu Daud)

Allaahummaftah lii abwaaba rahmatika.

Artinya : Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu. (h.r. Muslim)

16. Do’a Keluar Masjid

Allaahumma innii as’aluka min fadhlika

Artinya : Ya Allah, aku memohon kepada-Mu karunia-Mu. (HR. Muslim, Abu Daud, an-Nasa’I dan Ibnu Majah)

17. Do’a Masuk WC

Allaahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaa’itsi.

Artinya : Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan betina. (HR. Bukhari dan Muslim)

18. Do’a Keluar WC

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annjil adzaa wa’aafaanii.

Artinya : Ku memohon ampunan-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakitku dan telah menyembuhkan/menyelamatkanku. (HR. Abu Daud)

19. Sewaktu Bepergian

Allahumma bika asra’iinu wa ‘alayka atawakkalu. Allaahumma dzallil lii shu’uubata amrii wa sahhil ‘alayya masyaqqata safarii warzuqnii minal khayri aktsara mim maa athlubu washrif ‘ annii kulla syarrin. Rabbisyarahlii shadrii wa yassirlii amrii. Allaahumma innii astahfizhuka wa astawdi’uka nafsii wa diinii wa ahlii wa aqaaribii wa kulla maa an’amta ‘alayya wa ‘alayhim bihi min aakhiratin wa dun-yaa, fahfazhnaa ajma’iina min kulli suu’in yaa kariimu, da’waahum fiihaasubhaanakallahumma wa tahiyyatuhum fitha salaamun, wa aakhiru da’waahum ‘anil hamdu lilaahi rabbil ‘ aalamiiina, wa shallallahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihii wa shahbihii wa sallama.

Artinya : Ya Allah, aku memohon pertolongann-Mu dan kepada-Mu aku menyerahkan diri. Ya Allah, mudahkanlah kesulitan urusanku dan gampangkanlah kesukaran perjalananku, berilah padaku rezeki yang baik dan lebih banyak dari apa yang kuminta. Hindarkanlah dariku segala keburukan. Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah segala urusanku.

Ya Allah, kumohon pemeliharaan-Mu dan kutitipkan diriku kepada-Mu, agamaku, keluargaku, kerabatku dan semua yang Engkau ni’matkan padaku dan kepada mereka, semenjak dari akhirat dan dunia. Peliharalah kami semua dari keburukan, Ya Allah Yang Maha Mulia. Do’a mereka (dalam surga) ialah : “Subhaanakallahumma” (artinya : Maha Suci Engkau ya Allah). Ucapan sanjungan mereka di dalamnya ialah : “Salaam” (artinya : keselamatan).

Dan akhir do’a mereka padanya ialah ” “Alhamdulillahi rabbil aalamiin”, (artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan seantero alam). Dan semoga Allah menyanjung dan memberi keselamatan kepada Nabi Muhammad saw. Dan kepada keluarganya dan kepada sahabatnya, semoga Allah memberinya keselamatan. (Disebutkan oleh an-Nawawi)

20. Do’a Tiba di Tujuan

Alhamdulillaahil ladzi sallamanii wal ladzii aawaanii wal ladzii jama’asy syamla bii.

Artinya : Segala puji bagi Allah, yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkanku dengan keluargaku.

21. Do’a Ketika Bercermin

Alhamdulillaahil ladzii sawwaa khalqii fa’addalahu wa karrama shuurata wajhii fahassanahaa waja’alanii minal muslimiina.

Artinya : Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan kejadianku dan memperindah dan memuliakan rupaku lalu, membaguskannya dan menjadikan aku orang Islam. (HR. Ibnu as-Sani)

Allaahumma kamaa hassanta khalqii fahassin khuluqii

Artinya : Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pulalah akhlakku. (HR. Ahmad)

22. Do’a Ketika Hendak Berpakaian

Biismilaahirrahmaanirrahiimi. Allaahumma innii as-aluka min khayrihi wa khayri maa huwa lahu wa a’uudzubika min syarrihi wa khayri maa huwa lahu.

Artinya : Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dari kebaikan pakaian ini dan dari kebaikan sesuatu yang ada di pakaian ini. Dan aku berlindung pada-Mu dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan sesuatu yang ada di pakaian ini.

Alhamdulillahilladzii kasaanii hadzaa wa razaqaniihi min ghayri hawlin minnii wa laa quwatin.

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah memakaikan pakaian ini kepadaku dan mengkaruniakannya kepadaku tanpa daya dan kekuatan dariku. (HR. Ibnu as-Sani)

23. Do’a Ketika Hendak Bersetubuh

Bismillaahi, allahumma jannibnasy syaythaana wa jannibisy syaythaana maa razaqtanaa.

Artinya : Dengan nama Allah, ya Allah; jauhkanlah kami dari gangguan syaitan dan jauhkanlah syaitan dari rezki (bayi) yang akan Engkau anugerahkan pada kami. (HR. Bukhari)

24. Do’a Masuk Pasar

Bismillahi, allahumma innii as-aluka khayra haadzihiz suuqi wa khayra maa fiihaa, wa a’uudzu bika min syarri haadzihis suuqi wa min syarri maa fiithaa. Allahumma innii a’uudzu bika an ushiiba fiihaa yamiinaam faajiratan aw shafagatan khaasiratan.

Artinya : Dengan nama Allah ya Allah aku memohon pada-Mu kebaikan pasar ini dan kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pasar ini dan dari keburukan yang ada didalamnya. Dan aku berlindung pada-Mu dari sumpah palsu dan dari suatu pembelian atau penjualan yang merugikan. (HR. Hakim)
Sumber: http://media-islam.or.id

Visi dan Misi SMA Negeri 1 Sukadana


VISI:
BERDASARKAN IMAN DAN TAKWA SMA NEGERI 1 SUKADANA MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG MEMPRESENTASIKAN SPIRITUALITAS, MORALITAS, FIGURITAS, KUALITAS DAN DAYA SENSITIVITAS YANG TINGGI
MISI:
1. Mengembangkan sistem model dan proses belajar mengajar yang bermutu, menyenangkan, menggairahkan dan penuh semangat agar saling menghargai dan melengkapi.
2. Menumbuh kembangkan kemauan dan kegemaran belajar penuh dengan makna dan nila edukatif.
3. Melaksanakan program lifeskill yang berguna bagi masa depan siswa.
4. Menyalurkan bakat dan minat melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler

Eksistensi Fisika


Fisika adalah sebuah ilmu alam yang telah menginspirasi lahirnya teknologi. Teknologi yang telah mengubah dunia menjadi hingar bingar penuh pesona, sekaligus penuh dengan jebakan yang dapat memerosokan manusia kepada pendewaan sains. Seharusnya, manusia menyadarkan dirinya akan kemahaagungan Sang Pencipta yang telah membuat dan mengatur alam semesta ini sedemikian hebatnya sedemikian teraturnya, seperti kata-kata Einstein yang mengatakan "tidak mungkin Tuhan menciptakan alam semesta ini seperti melempar dadu", alangkah tulusnya kata-kata sang jenius ini. Ini adalah sebuah pengakuan dari seorang Albert Einstein, yang notabene telah melahirkan teori relativitas dan hukum kesetaraan massa - energi yang sangat fenomenal. Seharusnya kita malu dan menyadari dari pengakuan sang jenius ini, bahwa Allah SWT lah yang maha memiliki segalanya, kenapa kita sendiri harus menjadi ego dengan kehebatan peradaban teknologi ini, bukankah ini semua merupakan bukti dari kemahaagungan Sang Maha Pencipta.

Chord dan Lirik Lagu Andai Aku Jadi Gayus Tambunan

Cipt. Bona Paputungan (salah seorang eks napi di Gorontalo Sulawesi)

G
11 Maret
Bm
Diriku masuk penjara
C
Awal ku menjalani
G
Proses masa tahanan.
G
Hidup di penjara
Bm
Sangat berat kurasakan
C
Badanku kurus
G
Karena beban pikiran..

Em
Kita orang yang lemah
Bm
Tak punya daya apa-apa
C
Tak bisa berbuat banyak
D
Seperti para koruptor...

G
Andai Ku Gayus Tambunan
Bm
Yang bisa bisa pergi ke Bali
C
Semua keinginannya
G
Pasti bisa terpenuhi.
G
Lucunya di negeri ini
Bm
Hukuman bisa dibeli
C
Kita orang yang lemah
G
Pasrah akan keadaan..

G
7 Oktober
Bm
kubebas dari penjara
C
Menghirup udara segar
G
Lepaskan penderitaan...
G
Wahai saudara
Bm
Dan para sahabatku
C
Lakukan yang terbaik
G
Jangan engkau salah arah.


G
Andai Ku Gayus Tambunan
Bm
Yang bisa bisa pergi ke Bali
C
Semua keinginannya
G
Pasti bisa terpenuhi..
G
Lucunya di negeri ini
Bm
Hukuman bisa dibeli
C
Kita orang yang lemah
G
Pasrah akan keadaan


Em Bm
Biarlah semua menjadi kenangan
C
Kenangan yang pahit
D
dalam hidup ini

G
Andai Ku Gayus Tambunan
Bm
Yang bisa bisa pergi ke Bali
C
Semua keinginannya
G
Pasti bisa terpenuhi
G
Lucunya di negeri ini
Bm
Hukuman bisa dibeli
C
Kita orang yang lemah
G
Pasrah akan keadaan

Salah satu contoh Surat Cinta Anak IPA


Archimedes dan Newton tak akan mengerti Medan magnet
yang berinduksi di antara kita
Einstein dan Lorentz yang sanggup merumuskan E=mc²
Ah tak sebanding dengan momen cintaku

Pertama kali bayangmu jatuh tepat di fokus hatiku
Nyata, tegak, diperbesar dengan kekuatan lensa
maksimum
Bagai tetes minyak milikan jatuh di ruang hampa
Cintaku lebih besar dari bilangan avogadro...

Walau jarak kita bagai matahari dan Pluto saat
aphelium
Amplitudo gelombang hatimu berinterferensi dengan hatiku
Seindah gerak harmonik sempurna tanpa gaya pemulih
Bagai kopel gaya dengan kecepatan angular yang tak
terbatas

Energi mekanik cintaku tak terbendung oleh friksi
Energi potensial cintaku tak terpengaruh oleh tetapan
gaya
Energi kinetik cintaku = mc²
Bahkan hukum kekekalan energi sekalipun tak dapat menandingi
hukum kekekalan di antara kita

Lihat hukum cinta kita
Momen cintaku tegak lurus dengan momen cintamu
Menjadikan cinta kita sebagai titik ekuilibrium yang
sempurna
Dengan inersia tak terhingga
Takkan tergoyahkan impuls dan momentum cinta ini

Inilah resultan momentum cinta kita ...

Rabu, 26 Januari 2011

Bukti-bukti Crop Circle buatan manusia



Sleman. Dua peneliti Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional memastikan, crop circle di Berbah, Sleman, Yogyakarta, buatan manusia. Kepastian tersebut dilakukan setelah tim dari Lapan dan Polres Sleman melakukan penyelidikan di lokasi, Selasa (25/1/2011) siang tadi.

"Ini buatan manusia. Kami menemukan beberapa bukti bahwa ini dibuat secara tradisional," tegas Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Sri Kaloka Prabotosari di lokasi sore tadi. Sri Kaloka datang bersama peneliti lain, Nizam Ahmad.

Tim dari Lapan tersebut mengungkapkan bukti-bukti lingkaran tersebut dibuat manusia. Bukti pertama pada titik sentral dari crop circle tersebut berupa lingkaran berdiameter 5 cm. "Di titik sentral tersebut, kami temukan ada lubang sedalam 25 cm dan lebar 4 cm yang kami duga sebagai titik pusat. Lubang tersebut dibuat dari batang atau pipa," tegas Sri Kaloka.

Tim Lapan juga menemukan adanya batang-batang padi yang patah dan akarnya tercerabut. "Itu akibat diinjak," jelasnya.

Sri Kaloka mengatakan, kemungkinan pembuat crop circle tersebut menggunakan tali dari pusat simetris yang kemudian dibuat beberapa pola. "Temuan kami, tidak semua pola itu sama, ada yang besar, ada yang kecil. Jadi kami yakin ini buatan manusia," ujar Sri Kaloka.

Sementara itu, tim dari Polres Sleman juga menemukan jejak kaki manusia. Jejak kaki tersebut sebelumnya tidak terlihat karena tertutup batang padi yang roboh.

Kapolres Sleman AKBP Irwan Ramaini yang hadir di lokasi crop circle mengatakan, tidak ada jejak UFO di lokasi.

"Berdasarkan penyelidikan kami bersama tim dari Lapan, dugaan kami sama dengan tim dari Lapan. Ini buatan manusia," tegas Irwan Ramaini.

Selanjutnya, pihaknya masih akan tetap mengamankan lokasi dan meminta warga tidak memanjat bukti di dekat lokasi itu karena bisa membahayakan keselamatan. Satu orang tewas tadi siang setelah jatuh dari bukit. Polisi juga akan mencari pelaku pembuat lingkaran yang menghebohkan itu dan meneliti motifnya.
Sumber :
tribunnews.com

Rabu, 19 Januari 2011

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Persoalan budaya dan karakter bangsa kini menjadi sorotan tajam masyarakat. Sorotan itu mengenai berbagai aspek kehidupan, tertuang dalam berbagai tulisan di media cetak, wawancara, dialog, dan gelar wicara di media elektronik. Selain di media massa, para pemuka masyarakat, para ahli, dan para pengamat pendidikan, dan pengamat sosial berbicara mengenai persoalan budaya dan karakter bangsa di berbagai forum seminar, baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Persoalan yang muncul di masyarakat seperti korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa, kehidupan ekonomi yang konsumtif, kehidupn politik yang tidak produktif, dan sebagainya menjadi topik pembahasan hangat di media massa, seminar, dan di berbagai kesempatan. Berbagai alternatif penyelesaian diajukan seperti peraturan, undang-undang, peningkatan upaya pelaksanaan dan penerapan hukum yang lebih kuat.
Alternatif lain yang banyak dikemukakan untuk mengatasi, paling tidak mengurangi, masalah budaya dan karakter bangsa yang dibicarakan itu adalah pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai alternatif yang bersifat preventif karena pendidikan membangun generasi baru bangsa yang lebih baik. Sebagai alternatif yang bersifat preventif, pendidikan diharapkan dapat mengembangkan kualitas generasi muda bangsa dalam berbagai aspek yang dapat memperkecil dan mengurangi penyebab berbagai masalah budaya dan karakter bangsa. Memang diakui bahwa hasil dari pendidikan akan terlihat dampaknya dalam waktu yang tidak segera, tetapi memiliki daya tahan dan dampak yang kuat di masyarakat.

Kurikulum adalah jantungnya pendidikan (curriculum is the heart of education). Oleh karena itu, sudah seharusnya kurikulum, saat ini, memberikan perhatian yang lebih besar pada pendidikan budaya dan karakter bangsa dibandingkan kurikulum masa sebelumnya. Pendapat yang dikemukakan para pemuka masyarakat, ahli pendidikan, para pemerhati pendidikan dan anggota masyarakat lainnya di berbagai media massa, seminar, dan sarasehan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional pada awal tahun 2010 menggambarkan adanya kebutuhan masyarakat yang kuat akan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Apalagi jika dikaji, bahwa kebutuhan itu, secara imperatif, adalah sebagai kualitas manusia Indonesia yang dirumuskan dalam Tujuan Pendidikan Nasional.

Kepedulian masyarakat mengenai pendidikan budaya dan karakter bangsa telah pula menjadi kepedulian pemerintah. Berbagai upaya pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa telah dilakukan di berbagai direktorat dan bagian di berbagai lembaga pemerintah, terutama di berbagai unit Kementrian Pendidikan Nasional. Upaya pengembangan itu berkenaan dengan berbagai jenjang dan jalur pendidikan walaupun sifatnya belum menyeluruh. Keinginan masyarakat dan kepedulian pemerintah mengenai pendidikan budaya dan karakter bangsa, akhirnya berakumulasi pada kebijakan pemerintah mengenai pendidikan budaya dan karakter bangsa dan menjadi salah satu program unggulan pemerintah, paling tidak untuk masa 5 (lima) tahun mendatang. Pedoman sekolah ini adalah rancangan operasionalisasi kebijakan pemerintah dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa.
Di sadur dari: Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pusat Penelitian dan Pengembangan Kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional.

Selasa, 18 Januari 2011

MASALAH PERGANTIAN KURIKULUM DI INDONESIA

Oleh: Sriyanto, MPd.*)

Pada tahun, 1994 filosofi pendidikan menempatkan pengembangan intelektual pada pengertian logical-mathemathical intelligence (Hasan, 2008). Sementara itu, manusia memiliki kemampuan intelektual yang beragam tidak hanya pada kemampuan intelektual dalam arti logical-mathemathical intelligence saja (Novack, 1977). Dimensi-dimensi intelektual lainnya yang harus dikembangkan dalam pendidikan, menurut Hasan (2008), dalam mata pelajaran tidak boleh terbatas hanya mengembangkan pada satu dimensi intelektual disesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran.

Perkembangan filosofi pendidikan di Indonesia setelah diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), ditinjau dari sisi konten masih mengacu pada filosofi kurikulum esensialisme dan perenialisme, yang memberikan beban kepada peserta didik untuk menguasai kompetensi yang dipersyaratkan oleh disiplin ilmu. Seperti dalam kurikulum IPS, kompetensi dari disiplin ilmu sosial menjadi jelas prioritasnya, harus dimiliki oleh peserta didik. Sedangkan kemampuan lain untuk hidup di masyarakat dan bermasyarakat seperti komunikasi, kepedulian sosial, kemampuan mengidentifikasi dan mengembangkan solusi penyelesaian masalah, kemampuan hidup di masyarakat yang penuh dengan kemajuan teknologi, sikap kritis, dan semangat kebangsaan tidak menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik.

Pendidikan adalah usaha mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi fisik, potensi cipta, rasa, dan karsanya agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cira-cita kemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan, harmonis, dinamis, guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan (Phenix, 1964). Filsafat pendidikan adalah filsafat yang digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah pendidikan. Topik utama dalam filsafat pendidikan umumnya dikelompokkan dengan kategorisasi, hubungan antara tujuan hidup dan tujuan pendidikan; konsep pendidikan, mendidik dan dididik; guru dan pendidik sebagai pribadi/SDM; fungsi, tugas dan nilai sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dan pranata sosial; makna pendidikan dalam jangka panjang sebagai investasi nasional (Rasyidin, 2008: 19). Uraian singkat berikut ini mencoba menganalisis filosofi pendidikan di Indonesia yang didasarkan pada mazhab filsafat pendidikan secara terus menerus perlu disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

Pendidikan membutuhkan filsafat karena masalah-masalah pendidikan tidak hanya menyangkut pelaksanaan pendidikan yang dibatasi pengalaman, tetapi masalah-masalah yang lebih luas, lebih dalam, serta lebih kompleks, yang tidak dibatasi pengalaman maupun fakta-fakta pendidikan, dan tidak memungkinkan dapat dijangkau oleh sains pendidikan. Masalah filsafat pendidikan, terjadi di sekitar pertanyaan, apakah pendidikan, untuk apa pendidikan, dan apa saja ciri pendidikan yang terbaik? Aliran filsafat pendidikan yang berkait erat dengan nilai pendidikan dalam konteks sosio-budaya suatu Negara, terdapat mazhab filsafat pendidikan humanisme, perenialisme, esensialisme, progresivisme, dan rekonstruksionisme (Rasyidin, 2008:19).

Aliran filsafat pendidikan di bawah ini dikembangkan dari filsafat pendidikan progresif dan konservatif, meliputi: (1) Filsafat pendidikan pragmatisme, aliran filsafat pendidikan ini sebenarnya berpangkal pada filsafat empirisme Inggris, yang berpendapat bahwa manusia dapat mengetahui apa yang manusia alami. Lahir di Amerika dengan tokoh utamanya adalah John Dewey, Wiliam James, dan Charles Sandre Peirce; (2) Filsafat pendidikan progresivisme, sebenarnya progresivisme bukan merupakan bangunan filsafat atau aliran filsafat yang berdiri sendiri, melainkan merupakan suatu gerakan dan perkumpulan yang didirikan pada tahun 1918. Aliran ini berpendapat bahwa pengetahuan yang benar pada masa kini mungkin tidak benar di masa mendatang. Pendidikan harus terpusat pada anak bukannya memfokuskan pada guru atau bidang muatan. Tokoh-tokohnya antara lain: William O. Stanley, Ernest Bayley, Lawrence B.Thomas, Frederick C. Neff; (3) Filsafat pendidikan esensialisme, esensialisme adalah suatu filsafat pendidikan konservatif yang pada mulanya dirumuskan sebagai suatu kritik pada trend-trend progresif di sekolah-sekolah. Mereka berpendapat bahwa pergerakan progresif telah merusak standar-standar intelektual dan moral di antara kaum muda; (4) Filsafat pendidikan perenialisme, merupakan suatu aliran dalam pendidikan yang lahir pada abad kedua puluh. Perenialisme lahir sebagai suatu reaksi terhadap pendidikan progresif. Mereka menentang pandangan progresivisme yang menekankan perubahan dan sesuatu yang baru. Perenialisme memandang situasi dunia dewasa ini penuh kekacauan, ketidakpastian, dan ketidakteraturan, terutama dalam kehidupan moral, intelektual dan sosio kultual. Oleh karena itu perlu ada usaha untuk mengamankan ketidakteraturan tersebut, yaitu dengan jalan menggunakan kembali nilai-nilai atau prinsip-prinsip umum yang telah menjadi pandangan hidup yang kukuh, kuat dan teruji; dan (5) Filsafat pendidikan rekonstruksionisme, merupakan kelanjutan dari gerakan progresivisme. Gerakan ini lahir didasarkan atas suatu anggapan bahwa kaum progresif hanya memikirkan dan melibatkan diri dengan masalah-masalah masyarakat yang ada sekarang. Rekonstruksionisme dipelopori oleh George Count dan Harold Rugg pada tahun 1930, ingin membangun masyarakat baru, masyarakat yang pantas dan adil.

Filosofi yang dipergunakan dalam pengembangan kurikulum di Indonesia masih terbatas pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Filosofi ini terus digunakan meskipun kurikulum di Indonesia sering mengalami pergantian, sehingga dapat dikatakan bahwa proses pengembangan kurikulum selalu menghasilkan kurikulum yang sama. Perbedaan hanya terjadi dalam cara pengemasan konten kurikulum dan proses pembelajaran. Sebagai contoh misalnya dalam kurikulum sejarah tahun 1994 tidak terlepas dari filosofi esensialisme dan perenialisme ini, yang memiliki sifat nomothetic ilmu yang bersifat universal dan menganggap lingkungan sekitar sebagai bagian dari universalisme tersebut. Sehingga peserta didik belajar berdasarkan pada kenyataan yang telah dianggap benar oleh disiplin ilmu-ilmu sosial tersebut, akibatnya mereka tercerabut dari akar budaya dan lingkungannya. Berdasarkan pada filosofi tersebut kurikulum sejarah bertujuan agar peserta didik memahami kebenaran sejarah berdasarkan pada konsep nomothetic, yang memiliki kebenaran universal.

Berdasarkan pada filosofi esensialisme dan perenialisme, penentuan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) bertentangan dengan prinsip pengembangan kompetensi pendidikan. SKL adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik dan inti dari kompetensi adalah ability to perform (Hasan, 2007). Kurikulum harus secara tegas menyikapi bahwa peserta didik bukan belajar untuk kepentingan mata pelajaran tetapi mata pelajaran adalah untuk medium mengembangkan kepribadian peserta didik. Oleh karena itu, pendekatan banyaknya materi yang harus dipelajari diganti dengan pendekatan cara belajar sesuai dengan pernyataan it is not a matter how much you have learned but a matter of how you learn it. Secara teknis filsafat rekonstruksi sosial, dapat menjadi alternative, sebab melalui filsafat ini masyarakat dijadikan sumber dan juga dijadikan objek dalam belajar. Masalah-masalah yang berkembang dalam masyarakat, kebutuhan masyarakat, dan keunggulan masyarakat dapat dijadikan materi pelajaran. Dengan perubahan ini maka kurikulum tidak menutup dindingnya terhadap masyarakat tetapi menjadikan masyarakat sebagai dasar untuk mengembangkan proses belajar dan sebagai sumber belajar.

Meskipun demikian, sebagaimana perlu ada revisi terhadap filsafat progresif dan rekonstruksi sosial yang digunakan, diperlukan pula revisi terhadap tujuan, materi, proses belajar, dan evaluasi yang dikembangkan. Keterampilan-keterampilan dalam bidang teknologi tertentu dan vokasional tertentu yang dibutuhkan oleh suatu lingkungan budaya dijadikan konten utama kurikulum. Suatu hal yang jelas bahwa definisi kurikulum oleh kelompok "conservative" (perenialism dan essentialism), kelompok "romanticism" (romantic naturalism), "existentialism" maupun "progressive" (experimentalism, reconstructionism) hanya memusatkan perhatian pada fungsi "transfer" dari apa yang sudah terjadi dan apa yang sedang terjadi (Hasan, tt). Pada aliran progresif kelompok rekonstruksionis dapat dikatakan berbeda dari lainnya, karena kelompok ini tidak hanya mengubah apa yang ada pada saat sekarang tetapi juga membentuk apa yang akan dikembangkan. Walaupun tidak begitu jelas tetapi pada pandangan ini sudah ada upaya untuk "shaping the future" dan bukan hanya "adjusting, mending or reconstructing the existing conditions of the life of community".

Pandangan rekonstruksi sosial di atas menyebabkan kurikulum haruslah diredefinisikan kembali sehingga ia tidak mediocre karena hanya menfokuskan diri pada transfer kejayaan masa lalu, pengembangan intelektualitas, atau pun menyiapkan peserta didik untuk kehidupan masa kini. Padahal masa kini adalah kelanjutan dari masa lalu dan masa kini akan terus berubah dan sukar diprediksi. Kemajuan teknologi pada akhir kedua abad keduapuluh telah memberikan velocity perubahan pada berbagai aspek kehidupan pada tingkat yang tak pernah dibayangkan manusia sebelumnya. Pendidikan haruslah aktif membentuk dan mengembangkan potensi peserta didik untuk suatu kehidupan yang akan dimasukinya dan dibentuknya. Peserta didik akan menjadi anggota masyarakat yang secara individu maupun kelompok tidak hanya dibentuk oleh masyarakat (dalam posisi menerima = pasif) tetapi harus mampu memberi dan mengembangkan masyarakat ke arah yang diinginkan (posisi aktif). Artinya, pendidikan merupakan rancangan dan kegiatan pendidikan yang secara maksimal mengembangkan potensi kemanusiaan yang ada pada diri seseorang baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat untuk kehidupan dirinya, masyarakat, dan bangsanya di masa mendatang.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 memberikan kewenangan kepada masing-masing daerah untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing daerah. Berhembusnya angin demokratisasi dan reformasi di Indonesia, maka kurikulum pendidikan mengalami perubahan yang cukup signifikan dari yang sentralistis menjadi desentralistis. Kurikulum inibertujuan agar peserta didik dalam pembelajarannya berorientasi pada lingkungan sekitarnya, sehingga mereka tidak tercerabut dari lingkunganya. Dengan demikian masing-masing daerah dapat menggali potensi untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran. Potensi masing-masing daerah ini tentu saja tetap mengacu pada standar yang telah ditentukan pemerintah pusat, sehingga dalam mengembangkan kurikulum masing-masing satuan pendidikan berada dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pendidikan dilaksanakan tidak hanya sekedar transfer of knowledge, tetapi juga mengembangkan keterampilan dan sikap sebagai aspek penting dalam komponen kompetensi. Kompetensi dalam aspek keterampilan dan sikap membutuhkan waktu perkembangan yang lama dan terus menerus, yang tidak dapat dikuasai dalam one short meeting.
*) Penulis: Guru Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 1 Sukadana, Pemerhati Pendidikan dan sekarang sedang melanjutkan pendidikan S3 di Pasca Sarjana UPI Bandung.

Rabu, 12 Januari 2011

Jadwal UN SMA Tahun 2011

Berikut jadwal UN SMA Tahun Pelajaran 2010/2011.




Semoga Bermanfaat ...!
Sumber: POS UN Tahun Pelajaran 2010/20111, BSNP di posting lg oleh http://bliwayan.wordpress.com.

Sabtu, 08 Januari 2011

Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas XII IPA Semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010 SMAN 1 Sukadana


JENIS DAN PERANAN IPTEK DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP
Latar Belakang Dibutuhkannya IPTEK dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, khususnya di Indonesia:
1. Indonesia memiliki Sumber Daya Alam dan Energi yang melimpah
2. Amanat UUD 1945 Amandemen: Negara harus mengelola SKA sebagai modal pembangunan dan kesejahteraan rakyat, Pemerintah berkewajiban untuk memajukan IPTEK (Pasal 31 ayat 5)
3. Adanya persaingan global (pasar bebas) menuntut dukungan IPTEK dalam mengelola SKA
4. Potensi SDM Indonesia sebenarnya tidak ketinggalan dengan negara luar, buktinya pada even-even internasional Indonesia menjuarai Olimpiade Sains Internasional
5. Kemiskinan rakyat di tengah-tengah SKA yang melimpah.
FUNGSI SUMBER KEKAYAAN ALAM (SKA):
1. Penyangga kebutuhan ekonomi, dengan pembangunan berwawasan ekologi lingkungan
2. Sebagai komoditas ekonomi
JENIS IPTEK YANG DUBUTUHKAN INDONESIA
1. EKSPLORASI, menggali SKA yang belum tergali
2. EKSPLOITASI, memanfaatkan /mengambil SKA seoptimal mungkin
3. Pengolahan SDA untuk diubah menjadi produk berdaya saing dan bernilai tinggi
4. Jenis IPTEK yang berwawasan Lingkungan Hidup.
PERANAN IPTEK DALAM PENGELOLAAN LH
1. Pemenuhan kebutuhan dasar manusia
2. Penyediaan dan pengolahan SDA dan energy
3. Pengembangan industry serta pelestarian lingkungan
4. Pertahanan dan keamanan
ASAS PENGGUNAAN IPTEK DALAM PENGELOLAAN LH
1. MAKSIMAL
2. LESTARI
3. BERDAYA SAING

CIRI KEHIDUPAN MODERN
Adalah kehidupan yang memanfaatkan kemampuan manusia yang diciptakan melalui proses karsa dan rasa yang disebut dengan teknologi.
PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP PADA TINGKAT REGIONAL YANG MENJADI TANGGUNG JAWAB ASEAN EXPERT GROUP ON THE ENVIRONMENT (AEGE)
1. Konservasi alam dan pengawasan ekosistem daratan
2. Konservasi ekosistem laut
3. Pendidikan dan latihan kurikulum PLH dan latihan pengelolaan pencemaran
4. Pertukaran pengalaman tentang Analisis Dampak Lingkungan
5. Pemantauan pencemaran lingkungan dan industry serta pertukaran informasi tentang lingkungan.
PERMASALAHAN GLOBAL LINGKUNGAN HIDUP YANG URGEN SAAT INI
1. GLOBAL WARMING
2. EFEK RUMAH KACA
3. PENGGUNDULAN HUTAN
4. PENINGKATAN KADAR POLUTAN: POLUSI UDARA, AIR DAN TANAH
5. PEMBUANGAN BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3)
LINGKUNGAN
Adalah APA YANG ADA DI SEKITAR KITA YANG DIBEDAKAN MENJADI BEBERAPA MACAM OBJEK ATAU BENDA, BERUPA BENDA MATI, BENDA HIDUP, BENDA KONGKRIT DAN BENDA ABSTRAK.
LINGKUNGAN HIDUP
Adalah kesatuan ruang dengan semua, daya, keadaan dan makhluq hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi peri kelangsungan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya (UU RI No. 4 Tahun 1982) meliputi ekosistem (komponen alam dan daya dukung alam) dan sosiosistem (komponen sosio cultural).
3 MOTIF MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN
Þ Ekosentrik (Lingkungan Hidup patut mendapat perlindungan untuk kepentingan LH itu sendiri)
Þ Anthroposentrik (LH sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia)
Þ Apatis (acuh terhadap permasalahan-permasalahan lingkungan)
PROSES FOTOSINTESIS PADA KLOROFIL DAUN
Þ 6 CO2 + 6H20 === C6H12O6 + 6 O2
Þ PROSES RESPIRASI (PERNAFASAN) SEBALIKNYA DARI PROSES FOTOSINTESI, YAITU: C6H12O6 + 6 O2 ==== 6 CO2 + 6H20

TUGAS ACTION PLAN KEGIATAN PLH (PER KELOMPOK)
1. PEMBUATAN TAMAN HALAMAN KELAS
2. PEMBUATAN TABULAMPOT (TANAMAN BUAH/BUNGA DALAM POT)
3. PEMBUATAN SLOGAN LINGKUNGAN HIDUP
4. PEMBUATAN TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK
5. PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI (MISAL: PUPUK KOMPOS, DAUR ULANG SAMPAH)
6. PENANAMAN TANAMAN OBAT ATAU TANAMAN SAYURAN
7. PENANAMAN DI LAHAN MIRING (DENGAN CARA SENGKEDAN/TERASERING)*)
Ket: *) pilihan alternatif.
Lampiran:
1. Contoh slogan lingkungan hidup:
· Terima kasih, Anda tidak membuang sampah di sini.
· Hidup nyaman tanpa asap
· Hematlah dalam penggunaan air,
. Hijau alamku, hijau hatiku
· Cintailah Lingkungan Hidup untuk penyangga kehidupan kita
· Selamatkan Bumi kita dengan tidak merusak lingkungan
· Dll
2. Buatkan outline (kerangka penulisan makalah)
· Bagian depan: Cover, Kata pengantar, Lembar Pengesahan, Daftar Isi
· BAB I Pendahuluan: Latar Belakang, Maksud dan Tujuan, Pokok Masalah (Topik Kegiatan), Sistematika Penulisan
· BAB II Pembahasan: Landasan Teori, Desain kegiatan (gambaran kegiatan), Waktu dan Tempat Pelaksanaan, Alat dan Bahan yang Digunakan, dan lainnya.
· BAB III Penutup: Kesimpulan dan Saran
· Daftar Pustaka
· Lampiran: Foto-foto kegiatan

Untuk Materi PLH Kelas XII IPA-IPS Semester 1 selengkapnya, silahkan download disini.
Terima kasih.

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Perum Wijaya Permai 2